Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Chatbot Makin Jadi Pilihan Customer Berinteraksi Bisnis

Jumat 14 Dec 2018 20:21 WIB

Red: Irwan Kelana

3Dolphins menerima TOP Chatbot AI Solution 2018 di Jakarta

3Dolphins menerima TOP Chatbot AI Solution 2018 di Jakarta

Foto: Dok pt inmotion solusi teknologi
3Dolphins mendapat penghargaan TOP Chatbot AI Solution 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 3Dolphins, chatbot AI yang dikembangkan oleh PT InMotion Solusi Teknologi, mendapat penghargaan TOP Chatbot AI Solution 2018 dalam ajang TOP IT dan TOP TELCO 2018. Penghargaan diberikan di Golden Ballroom, The Sultan Hotel Jakarta, pekan silam.

TOP IT & TELCO 2018  diselenggarakan oleh majalah It Works bekerjasama dengan beberapa asosiasi di bidang teknologi-informasi, telekomunikasi dan konsultan TI Independen. Tema yang diangkat adalah Great IT for Great Business & Government. Artinya, dengan membangun Solusi IT & TELCO yang hebat, maka kita akan dapat membangun bisnis dan pemerintahan yang hebat pula, terutama dalam menghadapi era digital yang bersifat disruptif ini. 

Dalam sesi Best Practice Sharing IT Implementation dalam ajang TOP IT dan TOP TELCO 2018 di Jakarta, (6/12), Rian Novianto, co-founder dan direktur Pengembangan Bisnis 3Dolphins, menjelaskan saat ini ada banyak masalah yang dihadapi oleh customer saat berkomunikasi dengan bisnis dengan menggunakan saluran online tradisional.

Mengutip hasil penelitian The 2018 State of Chatbot Report, Rian memaparkan masalah yang ditemui customer itu, antara lain: situs atau website perusahaan sulit untuk dijelajahi (34%), tidak memperoleh jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sederhana (31%), informasi yang detail tentang bisnis perusahaan sulit didapat (28%), terlalu lama mendapatkan layanan atau service (27%), desain aplikasi di smartphone yang tidak bagus (26%), dan fitur “Search” di website brand atau merek tidak bermanfaat (24%). 

Customer juga menjadi malas menghubungi layanan Contact Center perusahaan sehingga angka call rate-nya turun. Tapi apakah itu berarti customer berhenti mengeluh? Tentu saja tidak, karena kini customer dapat menyampaikan keluhan atas produk atau layanan lewat media sosial. Riset juga mengungkap bahwa permintaan informasi dari customer yang diterima perusahaan atau inquiry coming, 70%-nya adalah pertanyaan yang berulang atau sama,” tambah Rian melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (14/12).

Penelitian The 2018 State of Chatbot Report juga mengungkap kini semakin banyak customer yang bersedia berinteraksi dengan chatbot dengan sejumlah alasan. Alasan tersebut antara lain, mendapat jawaban dengan cepat saat kondisi darurat (37%), memberikan jalan keluar atau menyelesaikan masalah (35%), dan mendapat jawaban yang detail atau penjelasan (35%). Selain itu, dapat membantu menemukan seorang petugas customer service (34%), dan dapat melakukan pemesanan (33%)

Chatbot juga dapat memberikan sejumlah potensi manfaat untuk organisasi atau perusahaan yang menggunakannya,  antara lain: dapat memberikan layanan 24 jam (64%), memberikan respons yang cepat (55%), dapat menjawab pertanyaan yang mudah dan sederhana (55%), mudah diajak berkomunikasi (51%), keluhan customer dapat cepat diselesaikan (43%), dan dapat memberikan pengalaman baik untuk customer (43%). Selain itu, dapat memberikan jawaban yang detail bahkan selevel dengan para ahli (37%), dapat menjawab pertanyaan yang rumit (35%), bersahabat dan mudah akrab (32%), dan lain-lain (8%).

Selanjutnya, Rian Novianto juga membagi sejumlah tips dalam memilih solusi chatbot yang baik, yakni chatbot dibangun dengan teknologi artificial intelligence; chatbot tersedia di seluruh titik kontak dengan customer; dan chatbot memiliki kemampuan untuk bekerja dengan mulus/lancar dengan manusia sebagai human agent. Selain itu, sistem chatbot terintegrasi dengan proses bisnis internal perusahaan atau organisasi; dan chatbot memiliki level Enterprise.

“Chatbot AI yang kami kembangkan yaitu 3Dolphins dapat digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk melayani customer seperti memberikan penjelasan tentang produk, promosi, jadi customer support self-service, billing account management,” kata Rian.

“3Dolphins juga dapat digunakan untuk kepentingan karyawan perusahaan atau internal yaitu, di bagian sumber daya manusia, menjelaskan operasional suatu bisnis, atau menjadi asisten bagian penjualan atau field sales,” tambah Rian.

Ia menyebutkan, 3Dolphins terdiri dari dua  solusi yaitu, Solusi Social CRM berupa omni channel contact center; dan Solusi ChatBot yang Dibangun dengan menggunakan Natural Language Processing (NLP) dan menggunakan artificial intelligence.

Saat ini, kedua solusi ini telah dapat digunakan di 16 platform: Email, SMS, WhatsApp, Telegram, Blackberry Messenger, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, LINE, Skype, Microsoft Team, YouTube, Web Live Chat, Mobile Live Chat, dan Customer Walk-In. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA