Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Hujan Sebabkan Banjir 0,5-1 Meter di Jakarta

Senin 03 Dec 2018 20:29 WIB

Red: Ratna Puspita

Ilustrasi lalu lintas di Jakarta ketika hujan

Ilustrasi lalu lintas di Jakarta ketika hujan

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Banjir dengan ketinggian air hingga satu meter di Cakung telah berangsur surut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua wilayah di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tergenang banjir hingga setinggi setengah meter akibat hujan deras yang mengguyur sejak Senin (3/12) siang. Sementara banjir dengan ketinggian air hingga satu meter yang sempat melanda Cakung, Jakarta Timur, telah berangsur surut pada Senin petang.

Pada Senin, dua ruas jalan tersebut yakni jalan Arjuna Selatan, Kedoya dan pemukiman warga RT 04/04, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Genangan air di wilayah tersebut mencapai setengah meter.

Kondisi ini membuat arus lalu lintas di sejumlah wilayah terganggu. Sementara, pengendara sepeda motor yang menghindar dari guyuran hujan lebat mengakibatkan kemacetan di Jalan Arjuna Selatan sejauh dua kilometer.

"Macet mbak, sepeda motor juga nggak bisa lewat jalan, knalpot udah kerendam, " ujar salah seorang pengendara sepeda motor Agus, 28, kepada Antara yang melintas di jalan tersebut.

Hal serupa juga terjadi di pemukiman warga warga RT 04/04 di Kelurahan Kebon Jeruk. Sejak pukul 15.00 WIB, banjir memasuki kawasan rumah warga hingga setinggi pinggang orang dewasa, sekitar 80-90 centimeter.

Salah seorang warga bernama Hendra, 42, menyebut banjir di wilayahnya terjadi karena saluran air yang sudah mampet dan tidak mengalir. Tak ayal, saat banjir melanda, berbagai sampah, termasuk sampah kemasan plastik banyak muncul dari saluran air tersebut.

"Ini aja banyak sampah di rumah saya. Kali di wilayah ini juga udah nggak pernah diuruk bertahun-tahun," kata Hendra. 

Walaupun banjir tetap menggenangi rumah-rumah, Hendra mengatakan kondisi tersebut belum parah, sehingga banyak warga di kawasan tersebut yang bertahan dan menahan genangan air dari rumah dengan menggunakan karung pasir dan triplek.

Sementara, berdasarkan informasi yang dibagikan melalui akun media sosial "Twitter" BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi DKI Jakarta, sejumlah wilayah di Jakarta Barat tergenang. Daerah itu di antaranya adalah Jalan Patra Raya dan Jalan Asem Raya, yang terkena dampak banjir akibat hujan deras hingga tergenang banjir setinggi 30-40 centimeter.

Selain itu, lima ruas jalan yang tergenang lainnya diantaranya adalah Jalan Letjen S. Parman Kecamatan Palmerah, Jalan Arjuna Selatan dan Jalan Kebon Jeruk Baru Kecamatan Kebon Jeruk, serta Jalan Tubagus Angke dan Jalan Tanjung Duren Barat Kecamatan Grogol Petamburan dengan ketinggian 10-20 centimeter.

Informasi banjir di Cakung diumumkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI melalui media sosial. BPBD DKI menyebutkan ketinggian air rata-rata satu meter terjadi di RT 010 RW 05 Kelurahan Rawaterate, Cakung, Jaktim.

Terlihat dari foto yang dibagikan bahwa banjir hingga setinggi dada orang dewasa akibat hujan deras. Ketua BPBD DKI Jupan Royter mengatakan pihak Kelurahan Rawaterate telah mengonfirmasi bahwa banjir telah berangsur surut.

"Sudah (surut), itu banjirnya beberapa jam saja," kata Jupan.

Selain itu, info genangan air di sekitar Cakung juga ada di Kelurahan Penggilingan tepatnya di Jalan Bizpark 2 yang telah surut sekitar 10 hingga 20 cm. BPBD DKI mengimbau warga Jakarta agar terus waspada terhadap jalan yang terkena dampak banjir untuk memakai jalan alternatif lainnya. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA