Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Presiden Tunisia: Saya Merasa Terhormat Bertemu Pangeran MBS

Rabu 28 Nov 2018 13:03 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman

Foto: Saudi Press Agency via AP
Essebsi membahas soal kerja sama ekonomi, keamanan dan militer dengan MBS.

REPUBLIKA.CO.ID, TUNIS -- Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi menyambut kedatangan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) di negaranya. Essebsi merasa terhormat dapat bertemu dengan Pangeran MBS

"Saya merasa terhormat ketika putra mahkota mengatakan kepada saya 'saya putra Anda'. Saya merasa terhormat untuk bertemu dengannya juga," ujar Essebsi dalam sebuah konferensi pers, dikutip laman Anadolu Agency, Rabu (28/11).

Ia mengungkapkan, selama pertemuannya dengan Pangeran MBS, mereka membahas tentang kerja sama ekonomi, keamanan, dan militer. Menurutnya kunjungan Pangeran MBS akan bermanfaat bagi hubungan bilateral kedua negara.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Arab Saudi. Kami mengatakan (kepada Pangeran MBS) 'selamat datang di negara Anda sendiri'," kata Essebsi.

Baca juga, Pangeran MBS Ingin Temui Erdogan.

Pangeran MBS tiba di Tunisia pada Selasa (27/11) malam waktu setempat. Kedatangannya ke sana diwarnai aksi unjuk rasa oleh ratusan warga Tunisia.

Para demonstran, yang berbaris di sepanjang jalan pusat Habib Bourguiba di Tunis, meneriakkan penolakan terhadap kehadiran Pangeran MBS. Hal itu terjadi karena adanya dugaan keterlibatan Pangeran MBS dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi.

Selain itu, massa juga menyerukan diakhirinya konflik Yaman. Pangeran MBS yang sempat menjabat sebagai menteri pertahanan dianggap bertanggung jawab atas intervensi militer Saudi ke Yaman pada 2015. Sejak saat itu, krisis kemanusiaan di Yaman kian memburuk.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA