Ahad 26 Jun 2016 01:00 WIB

Taklukkan Irlandia Utara, Wales Menuju Perempatfinal

Rep: Frederik Bata/ Red: Citra Listya Rini
Timnas Wales
Foto: EPA/SRDJAN SUKI
Timnas Wales

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Wales melanjutkan kejutan dengan menembus perempatfinal Piala Eropa 2016. Skuat asuhan Chris Coleman mengatasi Irlandia Utara 1-0 dalam laga yang berakhir pada Ahad (26/6) dini hari WIB. 

Irlandia Utara berusaha menguasai bola sejak pertandingan di Parc des Princes dimulai. Pada ment ke-11 kubu Green and White Army memiliki peluang. 

Hanya saja tembakan keras penggawa Irlandia Utara, Kyle Lafferty bisa ditepis Wayne Hennessey. Delapan menit kemudian Wales sempat membuka skor melalui Aaron Ramsey.

Namun wasit menganulir gol gelandang Arsenal itu. Ramsey dinilai telah berada dalam posisi off side sebelum melesakkan bola ke gawang kosong.

Di sisa waktu yang ada tempo permainan di kota Paris sedikit melambat. Tak ada gol tercipta. Skor kacamata bertahan hingga jeda.

Usai jeda, tempo pertandingan meningkat. Pada menit ke-58, bintang Wales, Gareth Bale melepaskan sepakan bebas. Namun bola masih bisa ditahan Michael McGovern.

Kubu the Dragons akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-75 lewat gol bunuh diri penggawa Irlandia Utara, Gareth McAuley. Berawal dari aksi Bale yang melepaskan umpan ke kotak penalti lawan. 

McAuley yang bermaksud menghalau bola malah mencetak gol ke gawang sendiri. Skor 1-0 ini bertahan hingga laga berakhir. Wales mencatat sejarah pertama kali tampil di Piala Eropa dan menembus babak delapan besar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement