Jumat 01 Jun 2012 09:39 WIB

Juara Piala Eropa 2012 Sudah Diketahui, Timnas Jerman Juaranya

Para pemain tim nasional Jerman berfoto jelang laga Grup A kualifikasi Piala Eropa 2012 lawan Kazakhstan di Kaiserslautern, Jerman, beberapa waktu lalu.
Foto: AP/Frank Augstein
Para pemain tim nasional Jerman berfoto jelang laga Grup A kualifikasi Piala Eropa 2012 lawan Kazakhstan di Kaiserslautern, Jerman, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- EA Sports beberapa kali melakukan simulasi tentang tim yang bakal menjuarai sebuah turnamen. Beberapa simulasinya terbukti kebenarannya seperti prediksi simulasinya tentang Spanyol sebagai juara Piala Dunia 2010.

Pada Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina, simulasi EA Sports memilih Jerman sebagai sang juaranya. ''Simulasi EA Sports memprediksikan Jerman akan mengalahkan Belanda untuk menjuarai Piala Eropa 2012,'' tulis bleacherreport.com.

Bukan hanya prediksi soal kemenangan Jerman. EA Sports juga memprediksi skor partai final Piala Eropa 2012. Jerman akan menjadi juara Eropa 2012 dengan mengalahkan Belanda 3-1 dalam sebuah laga final yang menegangkan.

EA Sports juga memprediksikan tim-tim yang bakal melaju ke babak perempat final. Mereka adalah Rusia, tuan rumah Polandia, Jerman, Belanda, Spanyol, Italia, Prancis, dan Inggris.

Di babak perempat final, Belanda akan mengalahkan Rusia dengan skor 2-0. Italia menghempaskan Prancis 2-1. Jerman menghentikan langkah tuan rumah Polandia 3-1. Terakhir adalah juara bertahan Spanyol yang menaklukan Inggris.

Babak semifinal menghadirkan sebuah kejutan. Belanda secara tak terduga mengalahkan Spanyol dengan skor menyakinkan 3-1. Robin Van Persie, striker andalan Belanda, menjadi lumbung gol timnas Oranye.

''Di laga semifinal lainnya, prediksi EA Sports menyebutkan sebuah gol Miroslav Klose sudah cukup mengantarkan Jerman mengalahkan Italia,'' tulis bleacherreport.

Di partai final, Van Persie lebih dulu membuka kemenangan untuk Belanda. Mesut Ozil berhasil menyamakan kedudukan dan Mario Gomez membawa Jerman balik memimpin. Jerman akhirnya memenangkan turnamen pertamanya sejak 1996.

''EA Sports telah membuktikan rekam jejaknya dengan ketepatannya menebak juara turnamen,'' tulis bleacherreport. ''EA Sports tepat menebak Chelsea mengalahkan Liverpool 2-1 di final Piala FA dan Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement