Rabu 02 May 2012 14:00 WIB

Ukraina Luncurkan Uang Koin Piala Eropa 2012

Uang koin Piala Eropa 2012.
Foto: www.uefa.com
Uang koin Piala Eropa 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Bank Sentral Ukraina mengeluarkan mata uang koin seri Piala Eropa 2012. Berdasarkan perjanjian lisensi dengan UEFA, koin-koin merupakan lisensi produk Piala Eropa 2012 dan menampilkan desain ofisial turnamen empat tahunan tersebut.

Situs uefa menyebut ada 12 seri koin. Sebanyak 11 seri dalam bentuk koin emas, perak dan nikel perak. Satu seri lagi berupa mata uang koin senilai 1 hryvnia.

''Bank Sentral Ukraina telah memproduksi sebanyak 500 koin emas setara 500 hryvnia per koin,'' sebut uefa. ''Ada gambar holografik logo Piala Eropa 2012 yang dibuat dengan warna enamel.''

Koin 20 hryvnia, yang juga menampil gambar holografik logo Piala Eropa 2012, diproduksi untuk memberikan penghargaan kepada empat kota penyelenggara turnamen: Donetsk, Kharkiv, Kiev dan Lviv. Pada mata uang koin tersebut, ada gambar peta yang menunjukkan masing-masing lokasi keempat kota tersebut.

Hal serupa berlaku untuk untuk koin perak. Bank Sentral Ukraina akan menggunakan desain serupa untuk koin nikel perak dengan nilainya 5 hryvnia.

sumber : www.uefa.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement