Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Del Bosque: Tiga Gelar Hampir Mustahil

Senin 02 Jul 2012 05:31 WIB

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Endah Hapsari

Vicente Del Bosque

Vicente Del Bosque

Foto: Reuters/Miro Kuzmanovic

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV — Arsitek timnas Spanyol Vicente del Bosque layak masuk jajaran pelatih tersukses di dunia. Berkat tangan dinginnya, tim Matador mampu mempertahankan trofi Henri Delaunay yang direbutnya empat tahun lalu. Di partai puncak, Spanyol menggebuk Italia dengan skor 4-0 di Stadion Olympic, Kiev, Ukraina, Senin (2/7) dini hari.

Sebelumnya del Bosque mampu mempersembahkan gelar Piala Dunia 2010 bagi Spanyol. Pada tingkat klub prestasi yang ditorehkannya adalah gelar Liga Champions dan La Liga Spanyol dua kali, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental (sekarang Piala Dunia Antarklub) masing-masing satu kali. Semua prestasi itu dicapainya ketika membesut Real Madrid.

“Untuk memenangkan tiga gelar hampir mustahil. Selamat kepada para pemain,” katanya kepada laman Tribalfootball.

Meski bertabur pujian, del Bosque tetap merendah. Ia mengungkap, selama melatih ia tidak membentuk tim hanya untuk menjadi pemenang, melainkan ingin berbagi ilmu agar para pemainnya bisa berkembang. “Saya tidak benar-benar ingin menjadi pelatih yang menang, tapi pelatih yang mendidik. Aku ingin terus mempersiapkan mereka untuk masa depan.” 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA