Senin 02 Jul 2012 02:40 WIB

Babak I, Spanyol vs Italia 2-0

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Para pemain Spanyol merayakan gol ke gawang Italia, Senin (2/7) dinihari WIB.
Foto: AP
Para pemain Spanyol merayakan gol ke gawang Italia, Senin (2/7) dinihari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV – Spanyol sementara unggul atas Italia 2-0 pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Olimpiade, Ahad (Senin dini hari WIB). Gol-gol La Furia Roja masing masing diciptakan David Silva dan Jordi Alba. 

Pertandingan berjalan alot sejak awal. Italia lebih dulu mendapat peluang pada menit 2. Sayang, tembakan pirlo masih melambung jauh di sisi kiri gawang Casillas

Spanyol baru mendapat peluang pada menit 6 melalui tendangan bebas Sergio Ramos. Namun, sepakan bek Real Madrid itu masih melambung di atas mistar.

Kerja sama satu dua antara Xavi dan Fabregas hampir berbuah manis pada menit 10. Diselesaikan tembakan kencang Xavi dari bibir kotak penalti. Beruntung bagi Buffon, tembakan keras Xavi melaju tipis di atas gawangnya.

Namun tidak butuh waktu lama kemudian untuk Spanyol mencetak gol. Berawal dari pergerakan Fabregas menusuk dari sisi kanan menuju kotak penalti. Berhasil melewati bek, ia memberi crossing ke tengah yang disambut David Silva dengan tandukan tajam mengoyak jala.  

Menjelang turun minum, Spanyol mampu memperlebar keunggulan lewat gol Jordi Alba pada menit 41. Xavi Hernandes yang menusuk dari lini tengah memberikan umpan terobosan terukur pada Alba yang bergerak dari sisi kiri lapangan. 

Tinggal berhadapan dengan Buffon, Alba kemudian menembakkan tendangan menyisir melewati hadangan Buffon. 2-0 untuk Spanyol. 

Italia bukannya tanpa peluang. Sejumlah serangan melalui Cassano dan Balotelli sempat mengancam lini pertahanan Spanyol. 

Namun pertahanan kokoh tim Matador yang digalang Ramos-Pique masih sulit ditembus. Casillas pun sempat beberapakali melakukan beberapa penyelamatan penting.

Hingga turun minum Spanyol unggul 2-0.

Susunan Pemain 

 Spanyol (4-2-3-1): Iker Casillas (kapten); Alvaro Arbeloa, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Sergio Busquets, Xabi Alonso; David Silva, Xavi, Andres Iniesta; Cesc Fabregas

Italia (4-3-1-2): Gianluigi Buffon (kapten); Ignazio Abate, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini; Daniele De Rossi, Andrea Pirlo, Claudio Marchisio; Riccardo Montolivo; Antonio Cassano, Mario Balotelli

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement