Rabu 20 Jun 2012 04:16 WIB

Benamkan Ukraina, Inggris Juara Grup D

Wayne Rooney menjebol gawang Ukraina, membawa Inggris unggul 1-0 di Stadion Donbass Arena, Rabu (20/6).
Foto: (Vadim Ghirda/AP)
Wayne Rooney menjebol gawang Ukraina, membawa Inggris unggul 1-0 di Stadion Donbass Arena, Rabu (20/6).

REPUBLIKA.CO.ID, DONETSK -- Inggris melaju ke babak perempatfinal setelah keluar sebagai juara grup D. Di pertandingan pemungkas, anak asuhan Roy Hodgso berhasil memukul tuan rumah Ukraina lewat gol semata wayang Wayne Rooney di Stadion Donbass Arena, Donestsk Rabu (20/6).

Ukraina yang menyimpan duet Sheva-Voronin tampil menggebrak di awal-awal pertandingan. Kanoplyanka memulai anacaman untuk Ukraina lewat tendangan kerasnya, namun John Terry sigap memblock dengan dadanya di menit 17. Lagi-lagi Ukraina mengancam lewat Gusev memanfaatkan kesalahan antisipasti Ashley Young, sayang tendangan kerasnya dari luar kotak masih diatas mistar Joe Hart.

Bermainnya Rooney terlihat skuat Inggris sangat bergantung pada pemain Manchester United ini. Setiap serangan Inggris dimulai dari kaki Rooney. Gerrard sempat melepaskan tendangan bebas yang tak dianisipasi dengan baik oleh Pyatov akibat gangguan Rooney.

Sementara Rooney memperoleh peluang emas setelah menerima umpang silang matang dari rekan seklubnya Ashley Young. Berdiri bebas, tandukan Rooney masih menyamping dari gawang Pyatov

Joe Hart bermain apik malam ini, menit ke-29 tendangan kaki kiri Iarmolenko masih bisa ditangkap dengan baik kiper Manchester City ini. Hingga peluit babak pertama, skor masih 0-0

Awak babak kedua, Inggris langsung menggebrak. Berawal dari sepakan pojok Gerrard, bola rebound kembali dikirim ke kapten Inggris itu, mengecoh satu pemain, Gerrard mengirim umpan ke tengah gawang. Antisipasi tak sempurna Pyatov berhasil dimanfaatkan Rooney untuk menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Ukraina sebenarnya bisa menyamakan kedudukan pada menit-61, tapi wasit tak mengesahkan gol Devic yang diselamatkan oleh John Terry. Dalam tayangan ulang terlihat jelas bola terlah melewati garis gawang, namun hakim garis gawang menyatakan bola belum masuk dan pertandingan dilanjutkan.

Rooney kembali mengancam gawang Pyatov, perebutan bolanya gagal dimaksimalkan Cole setelah tendangan volinya masih dapat dijangkau Pyatov. Unggul 1-0 tak mengendorkan serangan Inggris, pada menit ke-70, Hodgson mengannti Milner dengan Walcott untuk mempertajam serangan

Blokhin juga langsung bereaksi dengan memasukkan Shevchenko menggantikan Devic. Nazarenko juga dimasukkan untuk menambah daya gedor namun hingga peluit akhir skor tetap 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Susunan Pemain :

Ukraina : Pyatov (GK); Gusev, Ratkitsky, Khacheridi, Selin ; Yarmolenko, Tymoshchuk (C), Konoplyanka ; Garmash (Nazarenko 78'), Milevsky (Butko 77'), Devic (Shevchenko 70')

Inggris : Hart (GK) ; Terry, Lescott, A. Cole, Johnson; Parker, Gerrard (C), Ashley Young, Milner (Walcott 70'), Rooney (Chamberlain), Welbeck (Carroll 80')

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement