Jumat 15 Jun 2012 10:13 WIB

Skenario Akhir di Grup Neraka Piala Eropa 2012

 Pemain timnas Jerman melakukan selebrasi usai mengalahkan Belanda di laga Grup B Piala Eropa 2012 di Kharkiv, Ukraina, pada Rabu (14/6).
Foto: Reuters/Michael Buholzer
Pemain timnas Jerman melakukan selebrasi usai mengalahkan Belanda di laga Grup B Piala Eropa 2012 di Kharkiv, Ukraina, pada Rabu (14/6).

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Berikut ini kemungkinan yang terjadi pada kompetisi penyisihan Grup B Euro 2012 yang kini sedang berlangsung. Pertandingan yang akan dilangsungkan pada Ahad (17/6) mendatang tersebut menampilkan laga hidup mati, setidaknya untuk Belanda kala bertemu dengan Portugal di Kharkiv. Sementara Denmark akan bertemu dengan Jerman di Lviv.

P W D L F A Pts

Jerman   2  2 0 0 3 1 6

Portugal  2 1 0 1 3 3 3

Denmark 2 1 0 1 3 3 3

Belanda  2 0 0 2 1 3 0

Peluang lolos: Semua empat tim masih berpeluang maju dan tentu saja ada yang akan tersingkir. Jerman memegang kartu terbaik dan akan lolos bila menang atau seri lawan Denmark. Kendati mereka kalah, mereka masih dapat maju ke perempat final, bila Portugal tidak berhasil mengalahkan Belanda.

Portugal dan Denmark memiliki kartu yang sama -- dan juga masih rumit. Bila keduanya memenangi dua laga terakhir mereka, maka mereka akan akan sama dengan Jerman yang memiliki enam poin dan posisi ketiganya akan dibedakan berdasar basis 'head-to-head'.

Dalam situasi seperti itu Denmark akan lolos, berapa pun angkanya, dan Portugal kemungkinan mengikuti mereka. Jerman hanya dapat menyingkirkan Portugal bila mereka kalah selisih gol satu angka dan mencetak dua atau lebih gol, misalnya 2-3, 3-4 dan seterusnya. Bila ada yang kalah, maka mereka akan mengemasi koper mereka.

Bila kedua pertandingan itu berakhir seri, Portugal akan lolos dan Denmark akan tersingkir bila kalah atas Portugal. Dengan kata lain, bila Portugal atau Denmark mendapat hasil bagus - kecuali keduanya kalah.

Dalam situasi seperti itu, dua negara akan mengakhiri peramainan dengan Belanda unggul tiga poin dan 'head-to-head' akan ditentukan lagi pada laga lainnya. Belanda akan melaju bila mereka mengalahkan Portugal dengan dua gol atau lebih. Denmark akan keluar, berapa pun hasil pertandinga, dan Portugal bisa melaju bila mereka kalah hanya satu gol.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement