Sabtu 09 Jun 2012 13:31 WIB

Ferdinand Ketakutan Karir Internasionalnya Berakhir

Rep: Nur Farida/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
 Rio Ferdinand.
Foto: Reuters/Nigel Roddis
Rio Ferdinand.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bintang Manchester United, Rio Fedinand sedang menghadapi kecemasan besar, karirnya sebagai pemain tim nasional Inggris segera berakhir. Maklum, Ferdinand telah tampil sebanyak 81 kali membela negaranya di berbagai turnamen, namun namanya tidak masuk dalam daftar 23 pemain pilihan manajer Roy Hodgson yang dikirim ke Piala Eropa 2012,

Meski banyak yang menyayangkan keputusan sang pelatih, Ferdinand kembali mendapatkan kesempatan kedua. Kesempatan itu muncul ketika pemain belakang, Gary Cahill dibawa ke luar lapangan dengan cedera rahang karena berbenturan dengan kiper Joe Hart. Namun ia juga tidak dipanggil.

Lagi-lagi keputusan Hodgson mengejutkan banyak pihak. Mantan pelatih Westbrom ini meninggalkan Fedinand. Alasan pelatih 64 tahun ini, karena bek 33 tahun itu tidak dibutuhkannya. Hodgson justru memanggil bek Liverpool, Martin Kelly untuk menggantikan posisi Cahill.

Kini ada kekhawatiran dan ketakutan nyata dalam diri Ferdinand. Usianya yang tidak lagi muda sebagai pemain sepak bola , ditambah kontrak empat tahun Roy Hodgson yang baru dimulai sebagai manajer timnas Inggris menjadi faktor utama.

“Anda bisa mengatakan, mungkin saja ini tanda karir internasional saya berakhir, apalagi saat seorang pemain cedera. Tampaknya, saya tidak a terpilih lagi dalam turnamen lain,” kata pria yang akrab disapa Ferdy ini.

Pemain berusia 33 tahun ini bersikeras dirinya tidak akan gantung sepatu membela tim nasional sampai fisiknya tidak memungkinkan bermain. Sebelum saat itu tiba mantan pemain Leeds United ini menegaskan tenaganya akan selalu siap diturunkan dalam turnamen apapun.

“Saya harus mengakui, saya tidak menyangka 2006 akan menjadi kompetisi terakhir saya,” kata pemain yang ingin mencapai 100 caps dengan timnas Inggris ini. Sejak Piala Dunia 2006, Ferdinand , memang belum pernah terpilih kembali untuk mewakili negaranya dalam berbagai turnamen internasional.

Rio belum pernah tampil dalam final Piala Eropa bersama dengan timnas Inggris. Sedangkan pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan Fedinand terpaksa absen akibat istirahat panjang akibat cedera lutut saat menjalani sesi latihan terakhir.

Meski tidak terpilih masuk dalam skuad The Three Lions, bukan berarti Ferdinand menginginkan skuat asuhan Roy Hodgson mengalami kegagalan dalam turnamen besar sepak bola yang dihelat di Polandia-Ukraina.

“Saya akan menonton pertandingan timnas Inggris dan mendukung mereka di Piala Eropa karena Inggris negara saya dan saya ingin yang terbaik juga untuk timnas Inggris,” katanya dilansir the Sun,

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement