Sabtu 09 Jun 2012 01:10 WIB

Penuh Drama, Yunani Tahan Imbang Polandia 1-1

Pemain timnas Polandia melakukan selebrasi usai menjebol jala Yunani dalam laga perdana Grup A Piala Eropa 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Jumat (8/6).
Foto: AP/Alik Keplicz
Pemain timnas Polandia melakukan selebrasi usai menjebol jala Yunani dalam laga perdana Grup A Piala Eropa 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Jumat (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Penuh drama. Hal ini memang pantas untuk menggambarkan pertandingan pembuka Piala Eropa 2012 antara tuan rumah Polandia vs Yunani. Sempat unggul 1-0, Yunani berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua lewat gol yang disarangkan Dimitris Salpingidis.

Tidak hanya itu, pertandingan yang awalnya berjalan lambat justru berkembang menjadi suatu pertarungan yang penuh drama. Setidaknya empat kartu kuning dan dua kartu merah keluar dari kantong wasit asal Spanyol Carlos Velasco Carballo.

Menit 35 Sokratis Papastathopoulos mendapat kartu kuning pertama setelah menjatuhkan Papasthapoulus. Dan di menit 44 Papasthapoulus kembali diganjar kartu kuning kedua setelah menghambat laju Murawski.

Kartu kuning lainnya didapat Jose Holebas di menit 45+2 dan Giorgos Karagounis di menit 54.

Sedangkan kartu merah Polandia diganjar kepada kiper Wojciech Szczesny yang menjatuhkan Salpingidis di dalam kotak penalti.

Namun Przemyslaw Tyton yang menjadi penjaga gawang pengganti berhasil memuntahkan tendangan yang dilepaskan Karagounis.

Jalannya Pertandingan

Di menit-menit awal kedua tim terlihat tampil hati-hati. Keduanya mencoba mencari celah. Namun dominasi menit awal pertandingan dipegang Yunani.

Satu kesempatan didapatkan Polandia saat terjadi kemelut di depan gawang Yunani. Murawski berhasil meleaskan tendangan namun Chalkias kembali melalukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola ke luar lapangan. Tendangan sudut pertama bagi Polandia.

Memasuki menit kelima Polandia terus mendominasi pertandingan. Polandia mulai menemukan pola permainannya yang dirancang dengan apik dari lapangan tengah.

Bukannya tanpa serangan, Yunani juga mencoba membangun serangan namun selalu kandas oleh barisan pertahanan apik Polandia. Memasuki menit 10, pertandingan masih berlangsung dalam tempo lambat.

Di menit 11 Yunani membuka peluang pertamanya. Berawal dari tendangan bebas, Fanis Gekas melakukan sundulan namun masih melebar ke sisi kanan Wojciech Szczesny.

Menit 14 giliran Polandia kembali menekan. Dari sisi kiri pertahanan Yunani, Polandia mendapat peluang emas. Lukas Piszczek menyapu dari sisi kanan kemudian melepaskan umpang matang ke mulut gawang. Robert Lewandowski yang bersiap gagal menyambut bola hanya beberapa centimeter dari kepalanya.

Namun kesempatan di menit 16 tidak disia-siakan Polandia. Polandia berasil menyarangkan bola. Umpan silang Piszczek berhasil disambut Lewandowski dengan tandukan keras ke gawang Chalkias.

1-0 untuk Polandia.

Unggul 1-0 makin membuat Polandia percaya diri. Di menit 20, Polandia terus mendominasi permainan dengan membangun serangan kombinasi dari kedua sayap mereka. Menit 26 Polandia mendapat tendangan bebas, namun masih berhasil dihalau pemain belakang Yunani.

Yunani coba bangkit. Mereka mencoba mencari celah dari ketatnya pertahanan Polandia. Di menit 28 Yunani mendapat tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Polandia. Hanya dua meter dari garis peertahanan Polandia setelah Boenisch (Poland) menjatuhkan Ninis.

Namun lagi-lagi umpan yang dilepaskan Ninis berhasil dimuntahkan pemain bertahan Polandia, Perquis. Hingga menit 30 Yunani masih kesulitan menembus pertahanan Polandia. Pertarungan lini tengah masih dikuasai Polandia.

Menit 35, pemain Yunani Papastathopoulos menjadi orang pertama yang mendapat kartu kuning di Piala Eropa 2012 setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Polandia saat bertarung di udara.

Menit 37 Yunani melakukan pergantian pemain. A Papadopoulos keluar digantikan K. Papadopoulos setelah mengalami cedera di kaki kiri.

Tepat setelah K Papadopoulus memasuki lapangan Polandia kembali mendapat peluang. Perquis yang berhasil mengecoh pemain belakang mendapat posisi baik untuk melepaskan tendangan. Namun sepakannya masih melebar.

Memasuki menit 40 Yunani makin kesulitan menembus pertahanan Polandia. Umpan-umpan yang dilepaskan dari sisi kanan selalu kandas berkat penampilan disiplin barisan pertahanan Polandia.

Menit 44 Yunani mendapat pukulan telak. Sokratis Papastathopoulos yang sebelumnya telah mendapat kartu kuning kembali diganjar kartu kuning kedua setelah menghambat laju Murawski.

Hal ini tidak hanya membuat Papastathopoulos jadi orang pertama yang mendapat kartu kuning, namun juga orang pertama yang mendapat kartu merah di Piala Eropa 2012.

3 menit berselang, Yunani kembali mendapat kartu kuning setelah Jose Holebas memprotes keras yang tidak memberikan pelanggaran ketika salah satu pemain belakang Yunani melakukan hand ball di dalam kotak penalty.

Skor 1-0 pun terus bertahan hingga pluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.

Memasuki babak kedua Polandia langsung mengambil inisiatif serangan. Menit 46 Lewandowski kembali menjadi pemain paling berbahaya Polandia setelah berhasil melepaskan tendangan dari sudut sempit dari sisi kiri pertahanan Yunani. Namun tendangan kerasnya masih melambung di atas mistar gawang.

Yunani yang di babak pertama terus mendapat tekanan bekerja keras menyamakan kedudukan. Hasilnya, menit 51 Yunani berhasil menyamakan kedudukan.

Dimitris Salpingidis yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil menyarangkan bola ke gawang Polandia memanfaatkan kemelut di gawang Polandia setelah Wojciech Szczesny gagal memotong bola dari umpan silang yang dilepas dari sisi kiri pertahanan Polandia. Salpingidis yang mendapat bola muntah tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan melepaskan tendangan ke sisi kiri gawang Polandia yang kosong.

Berhasil menyamakan kedudukan, Yunani mencoba bermain lebih tenang. Meski bermain dengan 10 orang, Yunani terus berusaha melakukan tekanan dengan melakukan serangan balik yang cepat.

Menit 58 Yunani coba memaksimalkan peran Karagounis di sisi kanan. Hasilnya Yunani mulai berhasil mengirim bola ke kotak penalti Polandia. Namun terlihat jelas, tampil hanya dengan 10 pemain membuat Yunani makin leluasa memainkan bola.

Di menit 67 Yunani kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Fortounis yang menggantikan Gekas.

Usai pergantian pemain, Yunani melakukan serangan yang mengejutkan Polandia. Dimitris Salpingidis berhasil melepaskan diri dari jebakan offside. Berhadapan langsung dengan Salpingidis membuat Wojciech Szczęsny keluar dari sarangnya.

Wojciech Szczesny yang mencoba mengantisipasi justru menjatuhkan Salpingidis. Alhasil Szczęsny diganjar kartu merah.

Namun sayang kesempatan emas ini gagal dimanfaatkan Karagounis. Tytoń yang menggantikan Szczesny berhasil membaca arah bola dan mementahkan tendangan karagounis yang diarahkan ke sisi kiri gawang Polandia.

Meski gagal, namun rentetan drama yang terjadi membuat Yunani percaya diri. Sejumlah peluang berhasil diciptakan Yunani. Menit 70 Dimitris Salpingidis berhasil menyarangkan bola namun hakim garis menganggap ia telah berada dalam posisi offside.

Menit 78 Polandia melakukan tusukan melalui Obraniak. Sayang ia gagal mengirim umpan silang. Yunani terus mencoba melakukan tekanan melalui serangan balik. Hasilnya di menit 83 Karagounis melakukan tendangan keras dari luar area penalti Polandia namun masih jauh dari sasaran.

3 menit jelang berakhirnya waktu normal kedua tim terus melakukan jual-beli serangan. Namun kedua tim masih gagal membuat gol. 3 menit tambahan waktu pun diberikan. Namun hingga pertandingan berakhir skor tetap bertahan 1-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement