Advertisement
Rabu 06 Jun 2012 09:23 WIB

Ukraina Digulung Turki 0-2

Andriy Shevchenko, striker timnas Ukraina, terlibat duel udara dengan pemain timnas Turki, Hasan Ali Kardirim, dalam laga uji coba di Ingolstadt pada Selasa (5/6).
Foto: Reuters/Michaela Rehle
Andriy Shevchenko, striker timnas Ukraina, terlibat duel udara dengan pemain timnas Turki, Hasan Ali Kardirim, dalam laga uji coba di Ingolstadt pada Selasa (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, INGOLSTADT -- Ukraina harus menelan pil pahit setelah digilas Turki dua gol tanpa balas dalam laga persahabatan yang digelar di Ingolstadt, Jerman, Rabu (6/6) dini hari WIB. Kekalahan itu menjadi bekal buruk bagi Ukraina selaku salah satu tuan rumah Piala Eropa 2012.

Dua gol Turki dicetak playmaker Fenerbahce, Erkin Caner dan striker Besiktas, Mustafa Pektemek. Turki, semi finalis Piala Eropa 2008 tampil tanpa beban dan lebih fokus menjalani pertandingan. Sedangkan Ukraina, yang menurunkan para pemain lapis duanya, harus bating tulang untuk menahan gempuran tim dua benua tersebut.

Petaka datang pada menit ke-28, saat Turki memimpin lewat gol Caner. Memanfaatkan umpan dari sayap kiri yang dikirimkan Pektemek ke arah dekat kotak penalti, Caner menjebloskan bola ke dalam gawang Ukraina yang dijaga Andrei Pyatov.

Bek Shakhtar Y Rakitsky, memiliki peluang menyamakan kedudukan dua menit sebelum turun minum. Sayang seribu sayang, gebrakannya dari jarak sekitar 11 meter setelah menerima umpan dari tendangan bebas Alexander Aliev mampu dijinakkan penjaga gawang Turki yang bermain di Fenerbahce, Mert Gunok.

Setelah istirahat setengah main, pelatih Ukraina, Oleg Blokhin, menurunkan striker veteran, Andriy Shevchenko. Tapi, masuknya mantan punggawa AC Milan dan Chelsea itu gagal membawa Ukraina mematahkan dominasi Turki.

Alih-alih mengejar ketertinggalan, gawang Ukraina kembali jebol pada menit ke-70, lewat aksi Pektemek. Menerima umpan terukur Tunai Rorun dari sisi kanan, Pektemek berhasil mengkonversinya menjadi gol.

Lima menit menjelang berbunyi pluit panjang, Shevchenko mendapat peluang untuk mencetak gol dari jarak dekat, tetapi bola hanya menerpa tiang gawang. Hingga peluit panjang terdengar, skor 2-0 untuk kemenangan Turki tetap bertahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement