Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Posting Argentina Menang, TV One Laporkan Akun Instagram Ini

Senin 02 Jul 2018 17:12 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Endro Yuwanto

Lionel Messi dari Argentina berdiri di atas lapangan pada akhir babak 16 pertandingan antara Prancis dan Argentina, di Piala Dunia Sepak Bola 2018 di Kazan Arena di Kazan, Rusia, Sabtu, 30 Juni 2018. Prancis menang 4-3. (Foto AP / Frank Augstein)

Lionel Messi dari Argentina berdiri di atas lapangan pada akhir babak 16 pertandingan antara Prancis dan Argentina, di Piala Dunia Sepak Bola 2018 di Kazan Arena di Kazan, Rusia, Sabtu, 30 Juni 2018. Prancis menang 4-3. (Foto AP / Frank Augstein)

Foto: AP/Frank Augstein
Akun itu telah beberapa kali menyebarkan berita hoax yang diedit dari TV One.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TV One yang diwakili oleh PR Manager TV One, Raldy Doy, dan General Manager News Gathering TV One, Ecep S Yasa, melaporkan akun Instagram @Bola_Gila karena telah memposting bahwa Argentina menang saat berhadapan dengan Prancis di Piala Dunia 2018. Akun itu dianggap telah menyebarkan berita bohong.

"Hari ini kami laporkan secara resmi, kami serahkan kepada kepolisian untuk melakukan investigasi, melakukan semua proses sehingga bisa ditemukan pelaku dan bisa dibereskan secara menyeluruh," kata Raldy Doy saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Senin (2/7).

Akun tersebut, lanjut Raldy, dianggap telah mengedit running text yang disiarkan oleh TV One, dan hal tersebut telah mencemarkan nama baik media itu. "Yang dilakukan tidak bertanggung jawab, tindakan melanggar hukum yang sangat merugikan TV One, mencemarkan nama baik TV One," jelas dia.

Meski telah meminta maaf melalui akun Instagram dan menghapus postingannya, pihak TV One tetap akan memilih jalur hukum untuk menyelesaikan kasus ini. Karena akun ini telah beberapa kali menyebarkan berita hoax yang diedit dari TV One.

"Pertama pada 30 Juni 2018 pukul 03.09 WIB, TV One tidak menayangkan program 'Kabar Arena'. Tapi waktu itu tayangan kami 'One Pride'. Lalu yang kedua, di hari Ahad, baik malam maupun dini hari kami tidak menayangkan 'Kabar Arena'. Yang ketiga mungkin di saat yang sama, rekan atau host yang ada itu tidak sedang bertugas di TV One," kata Raldy.

Apalagi, Ecep menambahkan, akun tersebut bukanlah produk jurnalistik sehingga harus diproses secara hukum, tidak bisa dengan hanya diselesaikan dengan mekanisme jurnalistik. Walaupun pihak akun menyebut hanya becandaan, namun telah memberikan dampak serius.

"Kepercayaan publik kepada TV One menjadi sangat turun mungkin atau terganggu karena berita ini. Karena rata-rata yang diposting kemudian dianggap benar dan dipercaya masyarakat bahwa running text itu benar dikeluarkan TV One," jelas Ecep.

Terkait permintaan maaf, bagi Ecep, adalah urusan yang berbeda dengan hukum sehingga proses penyelidikan pun akan tetap dilakukan. "Kami pada prinsipnya tidak ingin peristiwa yang sama terulang di kemudian hari," ujar dia.

Akun Instagram @Bola_Gila memuat foto yang berisikan running text yang diedit, bertuliskan jika negara Argentina menang melawan Prancis dengan skor 4-3 saat pertandingan babak 16 besar Piala Dunia Rusia 2018. Padahal kenyataannya pertandingan tersebut dimenangkan oleh Prancis.

Pihak TV One merasa hal ini tindakan yang tidak bertanggung jawab. TV One sudah melapor ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/3427/VII/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 2 Juli 2018.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari