Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Kala Suporter Rusia Bersuka Cita

Rabu 20 Jun 2018 17:56 WIB

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Endro Yuwanto

Sejumlah suporter Rusia di dalam kereta bawah tanah (metro), Moskow, Rusia.

Sejumlah suporter Rusia di dalam kereta bawah tanah (metro), Moskow, Rusia.

Foto: Republika/Citra Listya Rini
Aleksandr bersama temannya mengajak orang-orang di sekitar untuk mendukung Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Demam Piala Dunia 2018 menjangkiti para pecinta sepak bola seantero jagat. Melihat kemenangan tim kesayangan ibarat mendapatkan undian lotere berhadiah besar.

Kira-kira begitu ekspresi para suporter Rusia yang saya lihat di Lapangan Merah, Moskow, Selasa (19/6) malam waktu setempat. Mereka bersuka cita menyambut kemenangan 3-1 Rusia atas Mesir dalam laga kedua Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg.

Yel-yel kemenangan terdengar dari gerombolan suporter Sbornaya. Jersey dan bendera Rusia terlihat di mana-mana, termasuk di kawasan stasiun kereta bawah tanah.

Tidak mau kalah nyaringnya dengan pendukung Meksiko, mereka juga bernyanyi dan meneriakkan yel-yel kemenangan di dalam metro.

"Rusia, Rusia, Rusia. Kami belum terbendung, maju terus Rusia," kata Aleksandr kepada Republika.co.id ketika dijumpai di stasiun kereta bawah tanah Dinamo.

Aleksandr bersama teman-temannya mengajak orang-orang di sekitar mereka untuk mendukung Rusia sambil mengibarkan bendera yang dulunya bernama Uni Soviet tersebut.

Beberapa suporter Rusia yang ada di kafe-kafe juga larut dalam euforia. Pun, mereka yang di dalam mobil membunyikan klakson sehingga suara bising tak terelakkan.
Suporter yang merayakan kemenangan Igor Akinfeev dan kawan-kawan itu tidak hanya laki-laki.

Adalah Julia, salah satu fan Rusia yang sangat gembira melihat timnasnya berjaya di kandang. Apalagi Rusia, kata Julia, sama sekali tidak dipandang dibandingkan tim-tim lainnya.

"Saatnya sepak bola Rusia bangkit dan berbicara di level dunia," kata Julia dengan bahasa Inggris sedikit terbata-bata.

Rusia selangkah lagi melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Sebelumnya, tim Beruang Merah sukses menghajar Arab Saudi 5-0 di laga perdana Grup A. Adapun Mesir kemungkinan besar harus mengakhiri petualangan mereka di Piala Dunia 2018.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari