Senin 11 Jun 2018 21:19 WIB

Harapan di Piala Dunia Rasa Arab (2)

Mesir berharap bisa menembus babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mohamed Salah
Foto: EPA-EFE/Peter Powell .
Mohamed Salah

REPUBLIKA.CO.ID, GROZNY -- Lima hari sebelum melakoni laga perdana di Piala Dunia 2018, kontra Uruguay, Ahad (10/6) waktu setempat, timnas Mesir telah tiba di Grozny. Mohamed Salah dan kawan-kawan memilih Ibukota Checnya itu sebagai homebase selama gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia.

Selain Mesir, tim-tim dari negara Arab juga telah tiba di Rusia untuk berkiprah di Piala Dunia 2018. Arab Saudi, Maroko, dan Mesir tiba di hari yang sama, yaitu Ahad (10/6) waktu setempat, dan langsung menuju ke kota yang telah dipilih sebagai homebase oleh masing-masing tim.

Bagi tim-tim dari negara Arab, Piala Dunia 2018 memang terasa begitu istimewa. Pasalnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia, empat negara Arab mengirimkan timnya ke putaran final, tiga tim dari zona Afrika dan satu tim dari zona Asia.

Dengan banyaknya tim Arab yang berpartisipasi di Piala Dunia 2018, para pencinta sepak bola di negara-negara Arab tentu berharap ada peningkatan prestasi yang ditorehkan oleh tim asal negara-negara Arab. Ekspektasi itu pun didukung oleh sepak terjang yang ditunjukan tim-tim dari negara Arab saat bersaing menuju putaran final Piala Dunia 2018.

Dengan mengandalkan Mohammed Salah, Mesir berharap bisa menembus babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di Piala Dunia. Sementara, Tunisia dalam sejumlah laga uji coba jelang Piala Dunia 2018, mampu menahan imbang tim yang memiliki peringkat lebih tinggi, seperti Portugal dan Turki. Catatan paling impresif ditorehkan oleh Tunisia. Tim besutan Herve Renard itu belum pernah kalah dari Agustus tahun lalu, termasuk saat memastikan langkah ke Piala Dunia 2018.

Kendati begitu, di balik pengharapan tersebut, Piala Dunia 2018 ini memang begitu istimewa buat negara-negara Arab. Bahkan, bintang The Pharaohs, Mohammed Salah, sempat menulis, Piala Dunia kali ini merupakan Piala Dunia rasa Arab. ''Piala Dunia rasa Arab. Mesir, Arab Saudi, Maroko, dan Tunisia. Selamat buat kita semua,'' tulis Salah di akun media sosial miliknya setelah babak kualifikasi Piala Dunia 2018 rampung digelar, seperti dikutip Arab News.

Tidak hanya itu, tidak hanya warga biasa, harapan akan kesuksesan tim Arab di Piala Dunia 2018 juga diungkapkan para petinggi dan pejabat pemerintahan dari negara Arab peserta putaran final Piala Dunia 2018. ''Ini adalah event olahraga terbesar di dunia, dan saya harap kesuksesan ini akan terus bersama kami,'' kata Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi seperti dikutip Arab Weekly.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement