Rabu 11 Jun 2014 22:50 WIB

Tim Bertabur Pemain Calon Bintang

Timnas Belgia
Foto: Reuters/Dubrule Laurent
Timnas Belgia

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Setelah terlihat membangun menuju sesuatu yang istimewa dalam beberapa tahun, Belgia akhirnya membuat terobosan dengan generasi emas yang sepertinya mampu menantang yang terbaik.

Tim berjuluk Les Diables Rouges (Red Devils) itu membuktikannya dalam perjalanan menuju Brasil dengan memuncaki Grup A di atas Kroasia, Serbia, Skotlandia, Wales dan Macedonia setelah hampir menyempurnakan semua laga.

Mereka hanya kehilangan poin saat ditahan imbang di laga awal melawan Kroasia dan kebuntuan kedua di laga terakhir saat mereka sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 Brasil.

Mereka mengamankan pencapaiannya dalam pertemuan kedua dengan Kroasia. Kemenangan 2-1 sangat baik di Zagreb berkat gol ganda Romelu Lukaku. Pemain itu salah seorang dari beberapa talenta yang telah menambahkan dimensi baru dalam permainan sejak ia merumput di Liga Utama Inggris.

Anggota pendiri FIFA, Belgia, telah mengambil bagian 11 kali dalam putaran final Piala Dunia dan kekuatan yang selalu ada antara tahun 1982-2002.

Pada 1998 ketika dilatih Georges Leekens, mereka hanya berada di tempat ketiga grup dan tersingkir lebih awal. Sedangkan pada 2002 bersama Robert Waseige, mereka jatuh pada babak 16 besar melawan Brasil yang akhirnya juara.

Tidak satu pun tim-tim Belgia sejauh ini bisa menyamai generasi berkilau Meksiko 1986 ketika mereka mencapai semifinal sebelum menyerah dari Argentina.

Di atas kertas, Belgia bisa memanggil armada bintang. Semua pemain mereka memainkan perannya di kejuaraan paling bergengsi di Eropa. Bakat bakal mencolok seperti Nacer Chadli dan Eden Hazard yang sedang dekat dengan karier puncaknya.

Romelu Lukaku, Kevin de Bruyne, Thibaut Courtois, dan Toby Alderweireld adalah bintang yang baru muncul. Sementara, pemain-pemain seperti Vincent Kompany, Thomas Vermaelen, Axel Witsel, Marouane Fellani dan Steven Defour telah menempatkan diri sebagai figur senior.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement