Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Kutukan Negara Amerika Selatan di Eropa Berlanjut

Sabtu 07 Jul 2018 14:04 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Israr Itah

 Reaksi pemain Brasil Neymar (kiri) setelah wasit menolak anggapan pelanggaran yang dilakukan pemain Belgia terhadapnya di kotak penalti Belgia, Sabtu (7/7) dini hari WIB di Kazan Arena, Kazan, Rusia.

Reaksi pemain Brasil Neymar (kiri) setelah wasit menolak anggapan pelanggaran yang dilakukan pemain Belgia terhadapnya di kotak penalti Belgia, Sabtu (7/7) dini hari WIB di Kazan Arena, Kazan, Rusia.

Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Tim dari Eropa berhasil memulangkan sisa tim yang mewakili Amerika Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAN -- Kemenangan Belgia pada babak perempat final Piala Dunia 2018 atas Brasil menandakan hanya ada enam negara yang tersisa di Rusia--dengan dua tim bakal segera terdepak pada Ahad (8/7) pagi. Tak ada satu pun dari keenam negara itu yang berasal dari Amerika Selatan.

Pada dua pertandingan pertama babak perempat final, tim dari Eropa berhasil memulangkan sisa tim yang mewakili Amerika Selatan. Pada pertandingan pertama antara Prancis dan Uruguay, les Bleus berhasil mengungguli Luis Suarez dkk dua gol tanpa balas. Kemudian, Belgia memaksa Neymar dkk untuk pulang kampung lebih cepat dengan skor 2-1.

Selain Prancis dan Belgia yang telah mengamankan tempat di babak semifinal, dua laga perempat final lainnya akan mempertemukan negara-negara Eropa, yakni Kroasia melawan Rusia dan Inggris melawan Swedia. Dua di antara negara-negara tersebut akan berlaga di babak semifinal Rabu (11/7) mendatang. 

Dengan demikian, keempat semifinalis akan berasal dari Eropa. Dilansir dari RT, komposisi tersebut menjadi yang kelima kalinya terjadi dalam 21 edisi Piala Dunia yang dilakukan selama ini dan yang pertama kali sejak 2006. Pada Piala Dunia yang dilaksanakan di Jerman itu, negara yang masuk ke semifinal adalah Italia, Jerman, Prancis, dan Portugal.

Kekalahan Brasil di tangan Belgia malam tadi merupakan yang keempat mereka secara berturut-turut di Piala Dunia dari negara Eropa. Sebelumnya, mereka menyerah 1-7 melawan Jerman pada 2014, 1-2 melawan Belanda pada 2010, dan 0-1 melawan Prancis pada 2006.

Selain itu, semifinal kali ini juga tak diisi oleh satu pun negara yang sukses di Piala Dunia, yakni Brasil, Jerman, Argentina, dan Uruguay. Jerman menjadi tim favorit pertama yang gugur dalam Piala Dunia di Rusia ini. Baru setelahnya Argentina yang menyerah melawan Prancis di babak 16 besar.

Argentina harus bersusah payah untuk lolos ke babak 16 besar. Pada fase grup, mereka terancam tidak lolos lantaran performanya yang tak dapat dibilang baik. Lionel Messi dkk harus berusaha hingga pertandingan terakhir fase grup.

Belgia berhasil menembus semifinal untuk kali kedua sepanjang gelaran Piala Dunia berkat bunuh diri Fernandinho dan gol Kevin De Bruyne. Gol Renato Augusto tak mampu menyelamatkan Selecao dari kekalahan. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari