Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Rusia Berambisi Melangkah Lebih Jauh di Piala Dunia 2018

Kamis 05 Jul 2018 07:26 WIB

Red: Israr Itah

 Selebrasi para pemain Rusia seusai memastikan lolos ke perempat final Piala Dunia 2018.

Selebrasi para pemain Rusia seusai memastikan lolos ke perempat final Piala Dunia 2018.

Foto: AP/David Vincent
Langkah terbaik Rusia adalah empat besar pada 1966.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia semakin haus kemenangan setelah secara mengejutkan menjungkirbalikkan prediksi banyak pihak dengan menembus perempat final Piala Dunia 2018. Bek Rusia, Ilya Kutepov, mengatakan, timnya sekarang bisa bermimpi lebih besar menjelang menghadapi Kroasia di delapan besar.

"Kami memiliki ambisi, kami ingin melangkah lebih jauh, semuanya diputuskan di lapangan. Ini semacam kecanduan -- Anda ingin lebih dan lebih lagi," kata Kutepov dalam konferensi pers, Rabu (4/7).

Langkah terbaik Rusia adalah empat besar pada 1966. Itu pun terjadi pada era Uni Soviet, di mana Rusia tergabung dengan sejumlah negara lainnya.

"Selalu ada peluang. Kami bersiap-siap, fokus," ucapnya.

Baca juga: Ekdal dan Durmaz Diragukan Bela Swedia Lawan Inggris

Gelandang Aleksandr Samedov kembali berlatih dengan tim setelah absen pada sesi Senin karena mengalami masalah kebugaran yang tidak dijelaskan. Tapi Alan Dzagoev, yang telah pulih dari cedera otot paha di awal turnamen, tidak berlatih karena masih mengalami masalah kecil di otot punggung.

Rusia masuk ke turnamen sebagai tim dengan peringkat terendah FIFA dan lolos melalui babak penyisihan grup merupakan tujuan awal mereka. Lewat adu penalti, tim asuhan Stanislav Cherchesov menang atas Spanyol. Demam Piala Dunia pun menjangkiti penggemar Rusia dan mereka menginginkan lebih dari kesuksesan saat ini.

"Tidak ada yang mustahil di bagian sisa turnamen ini," kata pemain tengah Aleksandr Golovin. "Sebelum pertandingan dengan Spanyol, kami mengerti bahwa kami dapat mencapai final, dan sekarang kami memikirkannya seperti sesuatu yang normal saja."

Baca juga: Kompany Sebut Belgia tak Pikirkan Sebutan Generasi Emas

Hal itu akan membutuhkan taktik yang berbeda dari yang dikerahkan saat melawan Spanyol. Rusia menumpuk pemain di barisan pertahanannya untuk meredam tekanan Spanyol yang mendominasi penguasaan bola tetapi tidak tajam di depan gawang.

"Kami semua mengerti bahwa Spanyol akan mengontrol bola, itu terjadi di setiap pertandingan yang mereka mainkan dengan tim mana pun," kata Golovin.

"Kami mengerti itu. Dengan Kroasia kami harus bermain menggunakan poin kekuatan kami, mendikte permainan kami."

Rusia akan menghadapi Kroasia di Stadion Fisht Sochi pada Ahad (8/7) dini hari WIB, dan pemenang akan menghadapi Inggris atau Swedia untuk memperebutkan tiket babak final pada 15 Juli di Moskow.

Lihat jadwal lengkap perempat final Piala Dunia 2018:

photo
Jadwal lengkap 8 besar Piala Dunia 2018

 

Sumber : Antara/Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari