Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Southgate Persiapkan Timnya Hadapi Adu Penalti

Sabtu 30 Jun 2018 16:31 WIB

Red: Andri Saubani

Gareth Southgate (kiri) merayakan keberhasilan Inggris memetik kemenangan 2-1 atas Tunisa, bersama para pemainnya.

Gareth Southgate (kiri) merayakan keberhasilan Inggris memetik kemenangan 2-1 atas Tunisa, bersama para pemainnya.

Foto: EPA
Inggris memiliki pengalaman buruk pada babak adu penalti di Piala Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Timnas Inggris akan melakoni laga babak 16 besar melawan Kolombia. Pasukan asuhan Gareth Southgate pun telah mewaspadai jika laga nantinya harus berakhir dengan adu penalti.

Sejak menjadi juara pada Piala Dunia 1966 silam, Inggris hanya mampu memenangi enam laga pada fase gugur. Ade penalti terbukti menjadi 'penggagal' Inggris melaju ke babak selanjutnya. Mereka kalah melalu adu penalti pada 1990, 1998, dan 2006.

"Kami telah berlatih untuk melalui babak adu penalti sejak Maret. Kami telah belajar dan melatih individu secara detail sekarang," kata Southgate, setelah laga terakhir Grup G, Kamis (28/6).

Southgate menyadari, selisih gol akan tipis pada laga babak knockout. Sehingga, dirinya merasa wajib mempersiapkan fisi dan mental pemainnya hingga titik akhir. "Kami mempersiapkan diri menghadapi babak tambahan atau lebih," kata Southgate.

Terakhir kali Inggris menang pada fase gugur adalah 12 tahun lalu saat mereka mengalahkan Ekuador 1-0 di Piala Dunia Juerman. Namun, kemudian Inggris kalah adu penalti dari Portugal.

Southgate sendiri memiliki pengalaman pahit lantaran pernah gagal mengeksekusi penalti saat dirinya memperkuat Inggris di semifinal Piala eropa 1996. Saat itu kemudian gambar dirinya masuk dalam parodi iklan piza bersama Stuart Pearce dan Chris Waddle yang juga pernah gagal mengeksekusi penalti pada Piala Dunia 1990.



Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari