Sabtu 30 Jun 2018 06:26 WIB

Pelatih: Portugal Lebih Besar dari Sekadar Ronaldo

Portugal menghadapi Uruguay pada babak 16 besar Piala Dunia, dini hari nanti.

  Penjaga gawang Iran Ali Beiranvand berhasil menggagalkan tendangan penalti Cristiano Ronaldo pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Saransk, Selasa (26/6) dini hari WIB.
Foto: AP/Darko Bandic
Penjaga gawang Iran Ali Beiranvand berhasil menggagalkan tendangan penalti Cristiano Ronaldo pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Saransk, Selasa (26/6) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI -- Pelatih Portugal Fernando Santos kembali menekankan pentingnya 22 pemain lain di sekitar bintang utama Cristiano Ronaldo. Tim nasional Portugal sedang bersiap menghadapi Uruguay pada babak 16 besar Piala Dunia, Ahad (31/6) dini hari WIB.

Ketika pertanyaan tak terelakkan tentang rekor pencetak gol Portugal, Ronaldo, wajah pelatih berusia 63 tahun itu menyeringai. "Saya baru saja mendapat kopi gratis, karena saya bertaruh pada pertanyaan ini! Saya mendapatkan kopi. Terima kasih atas pertanyaannya," katanya saat konferensi pers.

Santos menjelaskan semua orang mengetahui bahwa setiap tim di dunia bergantung pada pemainnya. “Tentu saja, kami memiliki salah satu yang terbaik di dunia,” kata dia. 

Namun, ia mengatakan, pertanyaan soal pemain berkualitas juga bisa ditanyakan kepada pelatih Uruguay Oscar Tabarez yang memiliki Luis Suarez dan Edinson Cavani. “Anda memiliki pemain hebat di setiap tim," Santos menambahkan.

Namun, ia menegaskan, sepak bola adalah permainan tim. “Jika Ronaldo bermain sendiri, kami akan kalah. Kami harus kuat sebagai tim, sama seperti Uruguay kuat sebagai tim,” kata dia. 

photo
Fernando Santos

Sama seperti Portugal, Santos percaya kekuatan Uruguay terletak pada kolektivitas. Namun, Santos juga mengantisipasi kecerdikan Oscar Tabarez meramu kekuatan Uruguay.

Satos menambahkan Uruguay belum kebobolan gol pada Piala Dunia 2018. "Keutamaan terbesar dari tim Uruguay adalah bahwa mereka adalah Uruguay. Anda memiliki pelatih yang telah bekerja dengan mereka selama 12 tahun, sangat berpengalaman, sangat berkualitas tinggi," katanya.

Santos mengecilkan prediksi bahwa para penggemar mungkin bakal menyaksikan permainan membosankan. Sebab, kedua tim bakal bermain hati-hati dengan cara mengutamakan pertahanan yang ketat.

Santos meyakinkan pertandingan Uruguay kontra Portugal bakal menjadi laga yang hebat. Ia mengataakn kedua tim akan mencoba untuk menang dengan masing-masing menggunakan senjata mereka. Ia menegaskan ini akan menjadi pertandingan yang hebat.

"Besok sangat berbeda dari babak penyisihan grup, di mana poin sangat penting - besok, entah Anda menang atau kalah,” kata dia.

photo
Jadwal Babak 16 Besar Piala Dunia 2018.

Portugal membuka laga Piala Dunia mereka di Sochi dengan hasil imbang 3-3 yang menegangkan melawan Spanyol. Gelandang Portugal Adrien Silver mengatakan timnya memiliki apa yang diperlukan untuk mencetak gol melawan barisan belakang Uruguay yang belum kebobolan tahun ini.

"Saya pikir itu menunjukkan organisasi mereka, tetapi saya harap kami akan menjadi orang yang memecahkannya," katanya.

Silver juga berpendapat timnya memiliki dua kualitas sebagai modal menghadapi Uruguay, yakni kualitas individu dan terutama kualitas kolektif. “Kami tahu bahwa kami akan menghadapi tim yang sangat kuat. Kami telah menilai kelemahan dan kekuatan mereka. Kami sangat siap," kata Silver.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement