Rabu 13 Jun 2018 19:02 WIB

Fernando Hierro Gantikan Lopetegui Latih Timnas Spanyol

Ia menjabat sebagai manajer timnas Spanyol sebelum diangkat menjadi pelatih.

Fernando Hierro
Foto: EPA-EFE/YURI KOCHETKOV
Fernando Hierro

REPUBLIKA.CO.ID, KRASNODAR -- Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) bergerak cepat mencari pengganti Julen Lopetegui yang dipecat sebagai pelatih. RFEF menunjuk Fernando Hierro menggantikan posisi Lopetegui memimpin La Roja berlaga di Rusia.

Hierro merupakan mantan kapten Real Madrid. Ia menjabat sebagai manajer timnas Spanyol sebelum diangkat menjadi pelatih.

Hierro adalah asisten Carlo Ancelotti di Real Madrid untuk musim 2014/15. Sebelumnya, ia menjabat sebagai direktur sepak bola Málaga untuk musim 2011/12. Saat itu, klub berjuluk Anchovies menempati posisi keempat di La Liga dan lolos ke Liga Champions.

RFEF memutuskan memecat pelatih tim nasional mereka, Julen Lopetegui, hanya 29 jam sebelum Piala Dunia dimulai. Presiden RFEF Luis Rubiales mengatakan, pemecatan terhadap Lopetegui karena pelatih berusia 51 itu kedapatan bergabung dengan Real Madrid.

"Kami terpaksa memecat pelatih tim nasional kami. Kami mendoakan keberuntungannya," kata Rubiales seperti dilansir dari BBC, Rabu (13/6).

Rubiales mengatakan, RFEF baru mengetahui Lopetegui bergabung dengan Real Madrid hanya lima menit sebelum Lopetegui diumumkan sebagai pelatih baru Madrid. Rubiales mengatakan, Lopetegui melakukan negosiasi dengan Real Madrid tanpa sepengetahuan RFEF.

"Negosiasi telah terjadi tanpa informasi apa pun ke RFEF. Hanya lima menit sebelum pengumuman dilakukan. Ada tindakan yang seharusnya bisa dilakukan," kata Rubiales.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement