Jumat 08 Jun 2018 17:13 WIB

Inggris, Prancis, dan Nigeria Kantongi Skuat Termuda

Brasil dan Argentina memiliki tim dengan rata-rata usia pemain paling tua.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Jersey timnas Nigeria untuk Piala Dunia 2018
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Jersey timnas Nigeria untuk Piala Dunia 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 32 kontestan Piala Dunia 2018 Rusia sudah mengumumkan skuat utama yang akan terbang ke Negeri Beruang Merah. Total sebanyak 736 pemain kini terdaftar resmi untuk berlaga di Rusia nanti.

Dikutip Express, Jumat (8/6), rata-rata usia pemain yang berlaga di Rusia mencapai 30 tahun. Angka itu merupakan yang tertua sepanjang sejarah turnamen sepak bola terbesar.

Sedangkan di antara tim unggulan, Brasil dan Argentina memiliki tim dengan rata-rata usia pemain paling tua dengan Jerman yang terbilang memiliki keseimbangan antara pemain tua dan muda.

Di sisi lain, Nigeria memiliki skuat termuda, diikuti oleh Prancis dan Inggris. Kedua negara ini sama-sama mengusung tim dengan rata-rata usia 26 tahun dan 18 hari.

Pada hajatan empat tahunan sekali ini pemain tertua jatuh kepada Essan El-Hadary yang berusia 45 tahun. Kiper timnas Mesir tersebut 6 tahun lebih tua dari Rafael Marquez (Meksiko) yang berusia 39 tahun dan bahkan lebih tua dari tiga pelatih tim Piala Dunia Aliou Cisse (Senegal), Mladen Krstajic (Serbia), dan Roberto Martinez (Belgia).

Jika satu kali saja diturunkan oleh pelatih, maka El-Hadary akan menjadi pemain tertua sepanjang sejarah yang bermain di Piala Dunia, setelah sebelumnya titel itu dipegang oleh Faryd Mondragon yang berusia 43 tahun saat bermain untuk Kolombia di Piala Dunia Brasil 2014

Sementara, ada tujuh pemain belia yang berangkat ke Piala Dunia saat ini, yakni Kylian Mbappe, Trent Alexander-Arnold, Achraf Hakimi, Francis Uzoho, Jose Luis Rodriguez, Moussa Wague, dan yang termuda Daniel Arzani dari Australia dengan usia 19 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement