Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Dramatis, Juara Bertahan Italia Tersingkir!

Jumat 25 Jun 2010 09:54 WIB

Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Juara bertahan Italia harus menerima kenyataan pahit, tersingkir dari fase grup Piala Dunia 2010. Bertanding menghadapi Slowakia yang tampil spartan, Italia menyerah 2-3 di Stadion Ellis Park, Kamis (24/6). Walhasil, Slowakia-lah yang berhak ke babak 16 besar menemani Paraguay.

Tampil tanpa dua pemain senior, kiper Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo membuat permainan Italia tak semaksimal seperti biasanya. Kapten Fabio Cannavaro terlihat bekerja terlalu keras.

Sementara, Gennaro Gattuso yang tampil sebagai pemain veteran di lini tengah kurang memberi dukungan. Di lain pihak, Slowakia dengan mengandalkan kapten Marek Hamsik dan striker Robert Vittek tampil lebih lepas.

Slowakia memang harus tampil menyerang karena wajib menang bila ingin lolos. Hasil imbang apalagi kalah, akan menyingkirkan mereka dari Afrika Selatan. Hasilnya, Slowakia sudah unggul 1-0 sepanjang babak pertama.

Gol Slowakia dicetak oleh tendangan kaki kanan Robert Vittek di menit ke-24. Gol ini tak lepas dari umpan matang Juraj Kucka yang memanfaatkan kelengahan pemain belakang Italia.

Di babak kedua, pelatih Italia Marcello Lippi memainkan Pirlo yang baru pulih dari cedera. Namun permainan Pirlo yang belum maksimal tak banyak membantu.

Vittek kembali menjadi mimpi buruk bagi Italia setelah kembali mencetak gol di menit ke-72 usai mendapat umpan Marek Hamšík.

Italia mampu memperkecil ketinggalan melalui Antonio Di Natale di menit ke-80. Jika mampu menyamakan kedudukan, tim 'Azzurri' bisa saja lolos. Namun, pemain pengganti Slowakia, Kamil Kopunek, mencuri gol di menit ke-88. Italia hanya mampu membalas satu gol lagi melalui pemain pengganti Fabio Quagliarella di injury time.

Italia pun terpaksa mengikuti jejak Prancis, sebagai mantan juara Piala Dunia yang tersingkir di penyisihan grup Piala Dunia 2010. Italia juga mengikuti 'prestasi' Prancis lainnya, yakni sebagai juara bertahan yang tersingkir di fase grup. Pada Piala Dunia 2002, Prancis yang juga juara bertahan tersingkir lebih awal di fase grup.

Di sisi lain, Slowakia mencetak sejarah; Melangkah ke babak 16 besar kali pertama dalam dua kali keikut-sertaannya di Piala Dunia. Slowakia akan menantang juara Grup E, Belanda, di babak 16 besar.

Susunan pemain

Slowakia:

1-Jan Mucha; 2-Peter Pekarik, 3-Martin Skrtel, 16-Jan Durica, 5-Radoslav Zabavnik, 6-Zdeno Strba, 15-Miroslav Stoch, 17-Marek Hamsik, 11-Robert Vittek, 19-Juraj Kucka, 18-Erik Jendrisek.

Italia:

12-Federico Marchetti; 19-Gianluca Zambrotta, 5-Fabio Cannavaro, 4-Giorgio Chiellini, 3-Domenico Criscito, 22-Riccardo Montolivo, 6-Daniele De Rossi, 8-Gennaro Gattuso, 9-Vincenzo Iaquinta, 7-Simone Pepe, 10-Antonio Di Natale.

 

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA