Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Polisi Mimika Tingkatkan Kewaspadaan Jelang HUT OPM

Jumat 16 Nov 2018 07:12 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Pengarahan personel TNI Polri di Mimika Papua.

Pengarahan personel TNI Polri di Mimika Papua.

Foto: dok. Divisi Humas Polri
Pengamanan ditingkatkan namun masyarakat tidak perlu khawatir atau resah.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Jajaran Kepolisian Resor Mimika meningkatkan kewaspadaan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember dan 10 Desember mendatang. Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto di Timika, Jumat (16/11) mengatakan meski pengamanan akan ditingkatkan namun masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir atau resah.

Warga diimbau tetap melakukan aktivitas normal sebagaimana biasanya. "Kita semua berharap tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan bersama. Masyarakat tidak perlu khawatir atau resah berlebihan," kata AKBP Agung.

Kapolres mengatakan kesiapsiagaan aparat TNI dan Polri termasuk masyarakat sangat diperlukan. Mengingat kelompok separatis tersebut selalu memanfaatkan momentum untuk menunjukan eksistensinya.

Sebagai contoh, dia mengatakan, bertepatan dengan peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus lalu, Kelompok Kriminal Bersenjata/KKB melakukan teror penembakan terhadap kendaraan PT Freeport Indonesia di sekitar Mil 66, Distrik Tembagapura. Akibatnya, seorang karyawan (supir) terluka.

Khusus di area Freeport, pengamanan dilakukan oleh aparat Polri dan TNI yang tergabung dalam Satgas Amole. "Kalau memang dibutuhkan, kami akan mem-backup rekan-rekan Satgas Amole untuk meningkatkan kewaspadaan," kata AKBP Agung.

Aksi kekerasan terus dilancarkan oleh KKB di sejumlah wilayah di Papua akhir-akhir ini. Sebagaimana terjadi di Puncak Jaya, Nduga, Puncak dan Lanny Jaya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA