Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Memanfaatkan Baking Soda untuk Mencerahkan Kulit

Selasa 13 Nov 2018 10:51 WIB

Red: Ani Nursalikah

Baking soda memiliki beragam manfaat, tak hanya untuk kegunaan di dapur.

Baking soda memiliki beragam manfaat, tak hanya untuk kegunaan di dapur.

Foto: ist
Baking soda membantu mengangkat sel kulit mati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Faktor luar seperti bahaya sinar matahari, polusi serta penggunaan kosmetik yang tidak tepat bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kusam dan tidak cerah. Untuk mengatasi kondisi kulit ini, banyak orang yang beralih menggunakan produk perawatan kimia yang menawarkan mencerahkan wajah dengan lebih cepat. Padahal seringkali hal itu tidak terbukti dan tidak jarang hasilnya malah gagal.

Cara paling aman untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya baking soda. Terdiri dari sodium, baking soda bisa bekerja sebagai exfoliator yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Baking soda juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman kulit. Namun, yang terpenting adalah kulit tetap sehat terjaga.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengolah baking soda untuk membuat kulit lebih cerah.

Baking soda dan air lemon

Air lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu memutihkan kulit. Untuk mendapatkan khasiatnya, campurkan setengah sendok teh baking soda dan tambahkan beberapa tetes air lemon segar. Campur dan aduk kedua bahan itu di dalam sebuah mangkok. Kemudian aplikasikan bahan yang sudah tercampur itu ke kulit wajah dan diamkan selama lima-10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air.

photo
Baking soda dan madu

Madu berkhasiat meremajakan dan melembabkan kulit. Kandungan antibakteri pada madu membantu mengatasi jerawat sekaligus mencerahkan kulit. Cara memanfaatkannya, buatlah campuran baking soda dan madu menjadi seperti pasta. Oleskan pasta ke wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dan diamkan selama lima menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air bersuhu normal.

Baking soda dan tomat

Tomat mampu membuat kulit wajah bercahaya jika rutin dikonsumsi. Tomat juga dapat membantu mencerahkan noda hitam dan pigmentasi pada kulit.

Pertama, potong tomat menjadi ukursn kecil dan hancurkan sampai menjadi pasta. Campurkan satu sendok makan pasta tomat dengan satu sendok teh baking soda. Setelah tercampur, mulailah mengaplikasikannya ke kulit dan diamkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah dengan air bersuhu normal.

photo
Baking soda dan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelembab alami yang baik untuk kulit. Minyak zaitun akan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Campurkan minyak zaitun dan baking soda lalu oleskan pada kulit wajah.

Beri pijatan lembut pada wajah selama dua-tiga menit lalu diamkan selana 15 menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air bersuhu normal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA