Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Jokowi: Bandung Jadi Creative Hub Paling Siap

Ahad 11 Nov 2018 03:07 WIB

Red: Esthi Maharani

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melambaikan tangan kepada masyarakat saat hadir pada acara Bandung Lautan Sepeda dalam rangka Hari Pahlawan, di Gasibu, Kota Bandung, Sabtu (10/11).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melambaikan tangan kepada masyarakat saat hadir pada acara Bandung Lautan Sepeda dalam rangka Hari Pahlawan, di Gasibu, Kota Bandung, Sabtu (10/11).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Untuk mendorong kreativitas itu dibutuhkan ekosistem untuk perkembangan yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo mengatakan Kota Bandung, Jawa Barat, merupakan pusat kreativitas atau creative hub paling siap di Indonesia.

"Semuanya ada, content creator ada, kreatif ada. Terbuka betul, bahwa merespon perubahan global kita ini, tidak ketinggalan," kata Jokowi saat memberikan sambutan ketika bertemu masyarakat kreatif Bandung di Simpul Space, Bandung Creative City Forum (BCCF), Sabtu (10/11) malam.

Menurut Jokowi, untuk mendorong kreativitas itu dibutuhkan ekosistem untuk perkembangan yang baik. Dia menjelaskan pemerintah juga terus memperbaiki dan mengurangi regulasi yang berpotensi menghambat perkembangan industri kreatif maupun ekonomi digital.

"Saya selalu menyampaikan ke menteri jangan buat aturan yang aneh-aneh yang berkaitan dengan digital economy, yang berkaitan dengan industri kreatif. Kalau sudah diminta betul oleh pelaku-pelaku baru munculkan," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan dunia saat ini sedang berubah dengan cepatnya memasuki revolusi industri ke empat. Perkembangan iptek dan teknologi komunikasi serta dunia digital selalu bermunculan setiap saat.

 "Sehingga sekali lagi saya ingin mengatakan selamat datang industri kreatif, industri digital, digital economy di negara kita yang sudah disambut secara cepat oleh Bandung," jelas Jokowi.

Capres 01 melakukan diskusi terbuka bersama sejumlah pegiat karya seni, pengembang usaha rintisan atau "start up" dan pembangun ekonomi digital di BCCF. Dia juga melihat beberapa karya seni yang diciptakan pemuda-pemudi Bandung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA