Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Eropa Masih Khawatir dengan Kebijakan Luar Negeri Trump

Kamis 08 Nov 2018 01:05 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Teguh Firmansyah

Donald Trump

Donald Trump

Foto: AP
Kekuatan penuh kebijakan luar negeri AS masih di tangan Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Partai Demokrat sukses menguasai House of Representative atau majelis rendah dalam pemilu paruh waktu Amerika Serikat (AS).

Kendati begitu para politisi, diplomat dan analis di Eropa masih khawatir bahkan takut dengan kebijakan luar negeri Presiden Donald Trump.

Pasalnya, kesuksesan Partai Demokrat tersebut hanya bisa memblokir dan mengawasi secara merata agenda domestik. Sedangkan kebijakan Trump untuk mengatur agenda luar negeri tetap utuh.

"Kekuatan eksekutif Presiden yang luar biasa, terutama dalam kebijakan luar negeri, tetap tak tersentuh," kata kepala komite urusan luar negeri di Bundestag Jerman Norbert Roettgen, kepada radio Deutschlandfunk seperti dilansir Reuters, Rabu (7/11).

Dia mengaku khawatir, jika Partai Republik kalah maka kemungkinannya besar Trump bakal mengintensifkan polarisasi luar negeri. Bahkan dapat menggandakan kebijakan luar negerinya yang mengganggu di tahun-tahun mendatang, seperti konflik perdagangan. "Itulah agresi yang kami lihat selama kampanye," jelas dia.

Baca juga, Menang, Tlaib Jadi Muslim Pertama di Kongres AS.

Beberapa politisi Eropa juga memuji perolehan Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat AS itu sebagai bukti pergeseran pemilih. Frans Timmermans, wakil presiden pertama Komisi Eropa, mengatakan orang Amerika telah memilih dengan baik masa depan mereka.

"Ini adalah harapan atas rasa takut, kesopanan atas ketidaksopanan, inklusi atas rasisme," ucap dia.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA