Rabu 07 Nov 2018 17:42 WIB

Dijajal Jokowi, Motor Gesits Diluncurkan Januari 2019

Presiden mengaku akan membantu pengurusan perizinan produksi motor listrik

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo bersiap menjajal motor listrik buatan dalam negeri Gesits seusai melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang terlibat proses produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo bersiap menjajal motor listrik buatan dalam negeri Gesits seusai melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang terlibat proses produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan produksi massal sepeda motor listrik Gesits (Garasindo Electric Scooter ITS) pada tahun depan. Gesits merupakan karya anak bangsa hasil kerjasama Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Usai beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, Rektor ITS Joni Hermana menyampaikan dukungan Presiden terhadap karya anak bangsa ini untuk segera dipasarkan.  

"Intinya Presiden sangat mensupport, menginginkan bulan Januari itu akan melaunching ini sebagai produk yang siap dijual," kata Joni usai beraudiensi persiapan produksi massal sepeda motor listrik Gesits di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/11). 

photo
Presiden Joko Widodo menjajal motor listrik buatan dalam negeri Gesits seusai melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang terlibat proses produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Motor listrik ini merupakan hasil penelitian dari ITS sejak awal 2007 dan pada 2017 peneliti berhasil menciptakan prototipe sepeda motor listrik dengan uji coba yang lengkap termasuk perjalanan hingga ke Bali. 

Motor listrik ini dapat menempuh perjalanan hingga 70 km/jam dengan lama charging hingga tiga jam. Sedangkan untuk proses penukaran baterai dapat dilakukan di SPBU Pertamina, seperti halnya proses penukaran tabung gas elpiji. 

Sementara itu, Anggota Komisaris PT Garansindo Zaki Nahdi Saleh menambahkan baterai motor listrik akan disediakan oleh Pertamina. Saat ini, produsen telah menyiapkan baterai sepeda motor listrik di 10 SPBU di Jakarta. Rencananya, SPBU Pertamina juga akan menyediakan baterai sepeda motor listrik di kota-kota lainnya seperti Surabaya dan juga Bali.

"Mungkin 10 SPBU di Jakarta. Abis Jakarta, Surabaya Bali. Bertahap. Karena itu Pertamina, Wika dan BUMN bersama. Ini produk bersama nasional," ujar dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah akan membantu pengurusan perizinan produksi sepeda motor listrik ini sehingga dapat segera dipasarkan dan dinikmati oleh masyarakat.

"Pemerintah backup dalam artian urusan uji-uji itu biar cepat izin-izin cepat," tambah Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement