Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Meski Kalah di Majelis Rendah, Trump Tetap Klaim Kemenangan

Rabu 07 Nov 2018 16:32 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

Donald Trump

Donald Trump

Foto: AP
Demokrat berhasil menguasai kursi di House atau DPR AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) berhasil menguasai House of Representative atau Dewan Perwakilan Rakyat di AS. 

Namun Demokrat gagal merebut kekuasaan di Senat dan tak mampu memenangkan kursi gubernur di Florida dan Georgia.  Partai Republik masih mengusai 52 persen kursi di Senat.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengecilkan kebangkitan Demokrat ini. "Mungkin Anda mendapat riak kecil, tapi saat ini saya pikir tidak ada gelombang biru," kata Sanders, di Gedung Putih, Rabu (7/11).

Sanders mengatakan perwakilan Demokrat harus bekerja sama dengan Republik di Kongres. Ia juga menambahkan kemenangan Republik di Senat ini sebagai kemenangan bagi Trump.  "Ini momen besar dan kemenangan bagi presiden," tambahnya.

Meski partainya kalah di House of Representative tapi Trump tetap merasa sukses dalam pemilu paruh waktu tahun ini. "Keberhasilan yang luarbiasa malam ini, terimakasih semuanya," tulis Trump di akun Twitter.

photo
Warga Minneapolis memberikan suara mereka pada Selasa (6/11) dalam pemilu paruh waktu Amerika Serikat.


Trump pun sudah memanggil Ketua Dewan Partai Demokrat di majelis renda, Nancy Pelosi. Trump memberi ucapan selamat dan berterimakasih sudah bersikap cukup netral selama pemilihan.

Gedung Putih yakin anggota Kongres dari partai Demokrat akan mau bekerja sama dengan Republik.

Selain memanggil Pelosi, Trump juga memanggil beberapa pejabat Senat dari partai Republik seperti Mitch McConnell, Paul Ryan dan Chuck Schumer. Ia juga memanggil beberapa kandidat yang ia dukung selama masa kampanye.

Baca juga, Menang, Tlaib Jadi Muslima Pertama di Kongres AS.

Seperti masa pemilih presiden 2016 lalu Trump juga lebih agresif jelang masa kampanye berakhir. Ia fokus di negara-negara bagian yang memenangkannya dalam pemilihan presiden.

Semua kandidat yang ia dukung memenangkan pemilihan. Mike Braun mengalahkan wakil Demokrat Joe Donnelly di Indiana, Josh Hawley mengalahkan Claire McCaskill di Missouri dan Mike DeWine mengalahkan Richard Cordray dalam perebutan kursi gubernur di Ohio.  

Dalam tiga dekade terakhir hanya pada 2002 partai yang berkuasa memenangkan kursi di Senat pada pemilihan paruh waktu. Di delapan dekade terakhir hanya dua kali partai berkuasa memenangkan jumlah kursi di House of Representative.

Trump menghabiskan malam pemilihan bersama keluarga dan kerabatnya di Gedung Putih. Mereka menyaksikan perhitungan suara. Para ajudan dan pembantu presiden memasang banyak televisi di Gedung Putih untuk Trump, ibu negara Melania Trump dan tamu-tamu pasangan tersebut. Televisi tersebut menayangkan berbagai siaran stasiun televisi yang berbeda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA