Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Yang Diinginkan Mayoritas Orang Indonesia di Hidup Usia Tua

Rabu 31 Oct 2018 01:45 WIB

Red: Didi Purwadi

Warga lanjut usia mengikuti senam lansia. (ilustrasi)

Warga lanjut usia mengikuti senam lansia. (ilustrasi)

Foto: Antara/Syifa Yulinnas
200 juta orang akan berada di usia lanjut (usia 65 tahun atau lebih) hingga 2030.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Healthy Aging 2018 Asia Pasifik menyebutkan 92 persen responden Indonesia setuju akan mengambil langkah menghadapi penuaan yang sehat. Sebanyak 76 persen sudah mengambil langkah tersebut.

''Sebanyak 54 persen percaya bahwa usia 40-45 tahun adalah usia yang tepat untuk memulai langkah guna menua dengan sehat,'' kata Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, saat berbincang di acara survei Herbalife Nutrition 2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey di Jakarta, Selasa.

Sebanyak 89 persen dari responden orang Indonesia mengatakan mereka akan lebih baik dalam memilih jenis nutrisi. Sementara, sekitar 76 persen ingin melakukan aktivitas fisik untuk menstimulasi mental lebih banyak supaya bisa menua lebih sehat.

Asia Pasifik adalah kawasan yang mengalami proses penuaan. Data Asia-Pacific Risk Centre menyebut 200 juta orang akan berada di usia lanjut (usia 65 tahun atau lebih) hingga 2030 nanti.

Oleh karena itu, Herbalife Nutrition melakukan '2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey' yang melibatkan 5.500 orang berusia 40 tahun lebih dari 11 negara, seperti Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea dan Malaysia. Survei mengenai 'menua yang sehat' juga dilakukan negara lainnya yakni Filipina, Singapra, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

''66 persen lebih aktif secara fisik, 62 persen hidup mandiri dan bebas, 61 persen tidak menjadi beban keluarga, 60 persen tidak menderita kronis, dan 66 persen menjadi lebih aktif secara mental,'' kata Andam.

Hasil survei Healthy Aging 2018 Asia Pasifik menyebutkan langkah yang diambil untuk menua dengan sehat, di antaranya 81 persen responden memilih nutrisi yang lebih baik, 75 persen responden melakukan lebih banyak aktivitas fisik, 62 persen responden lebih sering memeriksakan kesehatan, dan 47 persen dari mereka mengonsumsi suplemen yang mendukung penuaan yang sehat.

Melihat fakta tersebut, Profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral Brain Research Institute University of California, Los Angeles, Gary Small, MD memberikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang mengetahui untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif. ''Apa yang mereka lakukan itu baik. Sehingga, hal itu akan memperpanjang usia mereka saat tua nanti,'' ujar Small.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA