Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Perayaan Sumpah Pemuda di Sambas Diwarnai Rekor MURI

Selasa 30 Oct 2018 15:05 WIB

Red: Fernan Rahadi

Sejumlah bocah menyalakan

Sejumlah bocah menyalakan "meriam bambu" di Kauman, Bantul, Yogyakarta, Rabu (24/6).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Terdapat 2.108 meriam bambu.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMBAS - Pada Ahad (28/10) lalu di Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat terdapat agenda pemecahan rekor  Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI dalam kategori Meriam Bambu Terbanyak, yakni jumlahnya ada 2.018. Asisten Deputi Bidang Kepemudaan Kemenpora RI, Junaidi, menyebut di Desa Sijang, sumpah pemuda dikaitkan dengan kegiatan Kirab Pemuda 2018 ini disambut antusisas di Desa Sijang ini.

“Para pemuda semarak menyambut sumpah pemuda ini. Kita tahu pemuda itu sebagai penerus jadi kegiatan kirab yang memang tujuannya adalah persatuan dan kesatuan dan kebhinekaan NKRI itu sangat senapas dengan peringatan sumpah pemuda,” kata Junaidi. 

“Jadi kami melihat masyarakat  para pemuda para pejabat  dan pemerintah sangat antusias menyambut kegiatan sumpah pemuda kali ini.  Saya kira dengan  mencapai rekor MURI itu menunjukkan juga Desa Sijang dan Kabupaten Sambas pada umumnya itu sangat serius,”. 

Junaidi menjelaskan,  mempersiapkan diri sangat serius dan bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan kirab termasuk  di dalamnya peringatan sumpah pemuda. “Mudah-mudahan dengan rekor MURI ini bisa menjadi motivasi juga buat para pemuda buat masyarakat tentang untuk lebih berkiprah dan partisipasinya lagi . kita tahu kalau sasaran olahraga itu targetnya itu mas perak perunggu.

Kalau sasaran pemuda iini kita ada peningkatan partisipasi. Dari pemuda dari masyarakat, terhadap program-perogranm biar ada percepatan,” ujar Junaidi.

Adanya pencapaian rekor MURI ini, Junaidi berharap nanti bisa menjadi motivasi, untuk prestasi prestasi berikutnya.  Dan rekor MURI di Kabupaten Sambas ini  dikaitkan dengan kegiatan Kirab Pemuda merupakan rekor MURI yang kedua.

“Kita mengharapkan dengan kegiatan kirab ini itu banyak rekor-rekor MURI yang dicapai. Kemarin itu di Wakatobi itu ada target 6.000 penari Posoasa namanya. Alhamdulillah tercapai targetnya tapi tidak enam ribu. Tapi 7.600 dan rekor ini bukan hanya nasional melainkan dunia. Dan kali ini di Kabupaten Sambas ada lagi rekor MURI yaitu 2018 bambu,” ucap Junaidi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA