Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Rekor Meriam Bambu Terbanyak Dipecahkan di Desa Sijang

Senin 29 Oct 2018 09:25 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Anak-anak Indonesia membuat meriam bambu (ilustrasi)

Anak-anak Indonesia membuat meriam bambu (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Pemecahan rekor Muri meriam terbanyak digelar untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda

REPUBLIKA.CO.ID, SAMBAS -- Kirab Pemuda Indonesia 2018 menggelar kegiatan yang menghasilkan sebuah prestasi. Acara yang digelar di desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, menjadi tempat pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) kategori Meriam Bambu Terbanyak, yakni jumlahnya 2018 buah. 

Asisten Deputi Bidang Kepemudaan Kemenpora, Junaidi menyebut, sumpah pemuda dikaitkan dengan kegiatan Kirab Pemuda 2018 ini disambut antusisas masyarakat Desa Sijang. Dia mengatakan, para pemuda semarak menyambut acara sumpah pemuda ini. 

"Kita tahu pemuda itu sebagai penerus jadi kegiatan kirab yang memang tujuannya adalah persatuan dan kesatuan dan kebinekaan NKRI itu sangat senapas dengan peringatan sumpah pemuda,” kata Junaidi dalam siaran pers, Senin (29/10).

Junaidi menjelaskan, pihaknya mempersiapkan acara itu dengan sangat serius melaksanakan kegiatan kirab termasuk  di dalamnya peringatan sumpah pemuda. Adanya pencapaian rekor Muri ini, diharapkan  dapat menjadi motivasi, untuk prestasi prestasi berikutnya. Dan rekor Muri di Kabupaten Sambas dikaitkan dengan kegiatan kirab pemuda merupakan rekor kedua.

“Mudah-mudahan dengan rekor Muri ini bisa menjadi motivasi juga buat para pemuda buat masyarakat tentang untuk lebih berkiprah dan partisipasinya lagi. Kita tahu kalau sasaran olahraga itu targetnya itu emas, perak, dan perunggu," ujar Junaidi.

Menurut Junaidi, bukan hanya peserta dan panitia, semua pihak yang turut berpartisipasi menyiapkan pemecahan rekor Muri sudah berjuang keras, karena hal itu tidak mudah didapat. “Harus cari pohon bambu dulu, pohon bambu yang memenuhi syarat, atau jenis pohon betung, kalau tidak ada betung ya intinya pohon lah itu ya. Ukuran diameternya juga dihitung  dan itu tercapai saya kira ini berkat partisipasi masyarat semua,” kata Junaidi. 

Senior Manager Muri Awan Rahargo menyebut, yang dibuat oleh putra-putri Indonesia di Desa Sijang hari ini adalah hal luar biasa dan membanggakan. Dia mengatakan, rekor Muri tentang meriam bambu sebelumnya dipegang Kabupaten Pasaman di Provinsi Sumatra Barat dengan 1.821 meriam.

"Ini menjadi yang sangat spesial bagi kami tim rekor Muri, yaitu pada peringatan Sumpah Pemuda di tahun 2018, menyelenggarakan kegiatan memecahkan rekor, yaitu dengan menampilkan meriam bambu dengan banyak di Indonesia dan rekor ini sekaligus yang memecahkan rekor Muri yang sebelumnya tahun 2017,” kata Awan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA