Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Jangan Berputus Asa dari Rahmat Allah

Jumat 26 Oct 2018 18:00 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Mengingat Allah Ilustrasi.

Foto:
Allah memberikan jaminan kepada seluruh umatnya untuk tidak pernah berputus asa.

Dalam QS al-Fathir ayat 6 Allah bersabda, "Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh-(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala."

Dengan tobat yang benar dan serius, Allah telah menjanjikan kebaikan, ampunan, bahkan surga yang mengalir dibawahnya.Ketika memiliki dosa kecil, jangan kemudian ditumpuk hingga besar, sehingga setan mendominasi.

Allah pun memberikan sabda bahwa ketika ingin bertobat dan kembali kepada-Nya harus dis- egerakan dan jangan ditunda- tunda. Disegerakan dengan bacaan istighfar karena hal ini yang menjadi kekhawatiran iblis ketika ada yang ingin bertobat. Dia menjelaskan, Iblis tidak per nah senang melihat Muslim yang menyegerakan bertaubat.

"Kalau ingin kembali, kembali saja, segera. Kalaupun mungkin di depan terperosok lagi, segera bangkit dan bertobat," ucap Ustaz Banu.

Menurut dia, QS al-Fathir ayat 45 berisi firman Allah SWT tentang kemurahan hati-Nya. Dia menunggu umat-Nya untuk bertobat. Sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan apa yang telah ia perbuat, Ustaz Banu menjelaskan, Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu mahluk yang melata. "Akan tetapi, Allah menangguhkan (penyiksaan) mereka, sampai waktu yang tertentu; maka apabila datang ajal mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Melihat (keadaan) hamba-hamba- Nya."

"Allah memundurkan waktu supaya kita bisa kembali pada Allah. Ketika sudah datang wak- tunya, manusia tidak lagi memiliki kesempatan untuk bertobat.Kita harus paham betapa baiknya Allah, jadi jangan kita berputus asa," ucap ustaz yang juga dosen UI ini.

Ia pun mengingatkan bahwa masuk surga itu gampang. Allah menyiapkan segala pintu kepada umat-Nya yang ingin masuk surga. Bahkan Nabi pernah bersabda bahwa setiap makhluk pasti masuk surga.

Terakhir, Ustaz Banu mengingatkan satu hal yang menjadi dosa besar manusia, yaitu berputus asa dari rahmat Allah. Apalagi, menyebut Allah tidak adil hingga berprasangka buruk. "Kita harus memastikan diri ini meninggal dalam keadaan berprasangka baik pada Allah."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA