Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Masuk Surga Bersama Musa

Kamis 25 Oct 2018 06:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Dalam Alquran Nabi Musa dan Nabi Khidir bertemu di sebuah lokasi (Ilustrasi)

Permintaan itu bermula dari perjalanan Musa bersama Bani Israil meninggalkan Mesir.

Permintaan itu bermula dari perjalanan Musa bersama Bani Israil meninggalkan Mesir. Di pertengahan jalan mereka selalu tersesat. Kemudian, ulama Bani Israil mengingatkan Musa bahwa mereka pernah berjanji untuk membawa serta jasad Nabi Yusuf menuju Yerusalem.

Umar Sulaiman al-Asyqar dalam Kisah- Kisah Sahih dalam Alquran dan Sunah melanjutkan kisahnya, Musa kemudian menanyakan siapa di antara mereka yang mengetahui kuburan Yusuf. Mereka mengarahkan Musa kepada seorang nenek. Dialah orang yang mengetahui di mana jasad nabi itu dikebumikan.

Namun, meski diperintahkan Musa untuk menunjukkan di mana kuburan itu, dia tetap tidak mau. Musa harus terlebih dahulu menga bulkan permintaannya, yaitu dia ingin masuk surga bersama Mu sa. Permintaan itu pada mulanya ditolak, tapi kemudian Allah meminta sang nabi untuk mengabulkannya.

Orang tua itu kemudian mengarahkan mereka ke sebuah danau. Dia memerintahkan semua orang untuk mengeringkan danau itu. Bani Israil juga diminta menggali sebidang tanah. Baru kemudian terlihat tulang-belulang Yusuf. Mereka membawa serta itu semua ke Yerusalem.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA