Selasa 23 Oct 2018 15:25 WIB

Fiat Pasok Suku Cadang ke CK dengan Nilai 6,2 miliar Euro

Magnetti Marelli sempat berencana menghentikan produksi pasokan suku cadang

Rep: Rossi Handayani / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Logo Fiat.
Foto: Ist.
Logo Fiat.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Fiat Chrysler mengumumkan, Senin (22/10), rencana kerja sama dengan menjual unit suku cadang mobil Italia Magneti Marelli ke Calsonic Kansei Jepang (CK). kesepakatan itu senilai 6,2 miliar euro dan mampu mengangkat kembali Magneti Marelli dari kerugiannya

Gabungan penjualan keduanya akan bisa meningkatkan penjualan dan masuk dalam peringkat 10 pemasok suku cadang otomotif dunia dengan penjualan tahunan sebesar 15,2 miliar euro (17,6 miliar dolar AS). Rencananya perjanjian akan terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya dengan Fiat Chrysler.

Kesepakatan ini akan menggarisbawahi bahwa kedua perusahaan terus bersama. "Kedua perusahaan akan mempertahankan Magnetti Marelli di Italia berikut industri atau pabrik beserta karyawannya," sebut pernyataan bersama dilansir dari laman Economic Times, Selasa (23/10).

Rencananya kerja sama bisa segera diwujudkan pada paruh pertama 2019. Padahal sebelumnya Fiat Chrysler mengatakan awal tahun ini bahwa pihaknya berencana untuk memberhentikan unit suku cadang mobilnya.

Mike Manley, kepala baru Fiat Chrysler, mengatakan kesepakatan itu akan meningkatkan pertumbuhan di Magneti Marelli yang akan tetap menjadi salah satu mitra bisnis CK. Serikat pekerja menyambut baik kesepakatan itu.

"Ini adalah peluang besar untuk pertumbuhan. Jaminan atas semua pekerjaan saat ini di negara kita adalah penting," kata Marco Bentivogli dari Fim-Cisl.

Magneti Marelli, didirikan pada 1919, mempekerjakan sekitar 43 ribu orang dan beroperasi di 21 negara. Penjualan tahun lalu mencapai 8,2 miliar euro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement