Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Membuat Sendiri Ayam Goreng Ekstra Renyah

Senin 22 Oct 2018 07:17 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

Ayam renyah KFC.

Ayam renyah KFC.

Foto: Wikipedia
KFC menggunakan 11 bumbu yang bisa diracik sendiri di dapur rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua ayam goreng khususnya yang dicampur terigu akan menghasilkan kerenyahan paripurna. Namun, jamak diketahui, merek dagang waralaba, KFC memiliki produk ayam goreng yang renyah sempurna.

Apa yang membedakan KFC dari yang lain? Ini bukan hanya soal harga terjangkau dan kenyamanan tempat makan. Tapi juga kerenyahan KFC yang tak terkalahkan.

Ada sejumlah cara dan resep mengapa ayam KFC begitu ekstra renyah. Dilansir laman Taste of Home, Senin (22/10), sekarang Anda dapat membuat ulang resep rahasia KFC di rumah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Dengan resep ini, diyakini bahkan Anda tidak akan bisa merasakan perbedaan dengan KFC yang asli.

Untuk benar-benar mendapatkan rasa tradisional KFC, perhatikan 11 bumbu ini.  Gabungkan resep rahasia KFC untuk membuat tepung bumbu. Lalu benar-benar lapisi potongan ayam setelah dicelup dalam kocokan telur dan susu.

Bumbunya, garam, lada putih, lada hitam, basil, garam seledri, mustard kering, bubuk bawang putih, jahe bubuk, oregano, paprika bubuk, dan thyme.

Sebagian orang kerap membiarkan cukup lama ayam yang sudah dibumbui sebelum menggoreng. Tapi tidak di KFC. Aturan mereka adalah dari tepung sampai penggorengan. Jika ayam dibiarkan terlebih dulu, bumbu tepung akan melunak untuk hasil yang kurang renyah dan kulit akan mudah terkelupas dari ayam.

Lalu untuk urusan menggoreng ayam, KFC tidak main-main. KFC konsisten dengan suhu tinggi agar menghasilkan kulit yang ekstra renyah. Meskipun Anda tidak dapat menggoreng dengan suhu tinggi di rumah, Anda masih dapat membuat ulang resep KFC dengan penggorengan, memanfaatkan oven hingga panci berat. Buat pengaturan suhu Anda hingga 350 atau 360 derajat dan biarkan setiap potongan dimasak tepat selama 12 menit.

Pernah menggoreng ayam sebelumnya? Berikut adalah panduan praktisnya, selangkah demi selangkah.

Bahan rahasia sebenarnya
Menurut Ron Douglas, penulis Most Wanted Recipes dari Amerika, kunci nyata untuk tekstur renyah yang sempurna adalah satu hal bernama Accent. Bahan ini merupakan penambah rasa monosodium glutamat (MSG). Anda dapat menambahkan ini ke dalam campuran bumbu sebelum mengembang atau taburkan pada ayam setelah digoreng. Apa pun alasannya, itu suatu keharusan.

Simpan Ayam
Menggigit sepotong ayam langsung dari penggorengan bukanlah ide yang paling cerdas. Di KFC, mereka menyimpan ayam dalam oven menjadi 175 derajat selama sekitar 20 menit, menurut mantan karyawan. Ini memungkinkan ayam tetap hangat dengan masih bertekstur renyah. Lakukan hal yang sama dengan menyimpan ayam goreng Anda dalam oven hangat selama beberapa menit.

Memang, jika Anda tidak memiliki penggoreng tekanan kelas restoran, kemungkinan sulit untuk menciptakan ayam sekelas KFC.

Menggunakan resep rahasia KFC bersama dengan penggorengan masih bisa memiliki hasil yang lezat. Jika Anda masih sedikit ragu tentang menggoreng ayam, Anda boleh mencoba melihat beberapa panduan ringkas lainnya.





BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA