Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Anggota MPR: Keragaman Indonesia Kekuatan Persatuan

Jumat 19 Oct 2018 18:57 WIB

Red: Gita Amanda

Anggota MPR Muhammad Syafrudin melakukan Sosialisasi Empat Pilar di NTB.

Anggota MPR Muhammad Syafrudin melakukan Sosialisasi Empat Pilar di NTB.

Foto: MPR
Indonesia walau berbeda latar budaya, suku, dan agama namun merupakan satu kesatuan.

REPUBLIKA.CO.ID, DOMPU -- Dua ratus warga ditambah dengan Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, pada Rabu (17/10) lalu, berkumpul di Desa Kampasi Meci, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka berkumpul untuk sambung rasa dengan wakil mereka yang duduk di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), yakni Muhammad Syafrudin anggota Fraksi PAN.

Dalam pertemuan, banyak hal yang dilakukan oleh Syafrudin, selain menyerap aspirasi masyarakat, dirinya juga melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dikatakan, tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara ini beragam.

Menurutnya berapa waktu lalu, bangsa ini dihadapkan dengan bencana yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat; Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Selatan; dan daerah serta provinsi lainnya. Disampaikan kepada masyarakat dan aparat desa, dirinya telah menunjukkan kepedulian terhadap korban bencana.

photo
Anggota MPR Muhammad Syafrudin melakukan Sosialisasi Empat Pilar di NTB.

“Di samping kehidupan berbangsa dan bernegara, kehidupan sosial kita juga banyak masalah," ujarnya seperti dalam siaran pers, Jumat (19/10).

Untuk mengatasi tantangan kebangsaan, Syafruddin diberi amanah oleh MPR untuk turun di daerah pemilihan melakukan Sosialisasi Empat Pilar. “Jangan sampai orang di kampung tidak mengerti Pancasila," ucapnya.

Dengan langkah yang dilakukan, ia berharap masyarakat di Nusa Tenggara Barat paham terhadap nilai-nilai kebangsaan. Sehingga ketika ada permasalahan sosial di masyarakat  dapat diselesaikan dengan cara musyawarah bukan dengan cara kekerasan.

Dalam pertemuan tersebut, Syafruddin mengingatkan kembali pada nilai-nilai Pancasila dan pentingnya generasi muda memahami tata nilai kebangsaan. Sehingga ke depan bangsa ini tidak kehilangan semangat perjuangan dan tujuan bernegara.

Wakil Sekretaris Fraksi PAN di MPR itu menegaskan, Indonesia walaupun berbeda latar budaya, suku, dan agama, namun merupakan satu kesatuan yang utuh, yang tidak menjadikan perbedaan itu sebagai pemecah belah. Namun menjadikan perbedaan da keragaman sebagai sebuah kekuatan persatuan.

Untuk itu dirinya berharap agar berbagai berita yang membuat kita terprovokasi dihindari. Diakui kadang ada berita yang baik, kadang ada pula berita yang buruk.

Hal demikian membuat masyarakat mudah sekali terpengaruh dan terbawa dengan berita-berita yang ada. Baginya yang paling penting dalam kehidupan masyarakat tertanam rasa cinta Tanah Air, wawasan kebangsaan, memperkuat gotong royong, dan menjaga kerukunan dalam bingkai NKRI.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler