Sabtu 13 Oct 2018 03:49 WIB

Telkomsel Pulihkan 100 Persen Jaringan di Palu

Masyarakat sudah dapat melakukan aktivitas komunikasi secara normal.

Warga korban gempa mengisi daya telepon genggamnya di halaman kantor Telkom, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (5/10).
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Warga korban gempa mengisi daya telepon genggamnya di halaman kantor Telkom, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (5/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkomsel berhasil memulihkan 100 persen jaringan pascabencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Sehingga masyarakat dapat kembali melakukan aktivitas komunikasi suara, SMS, dan data dengan normal.

"Kami bersyukur saat ini layanan komunikasi suara, SMS dan data Telkomsel sudah kembali normal di wilayah Palu dan Donggala," kata Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan melalui keterangannya diterima di Jakarta, Jumat (12/10).

Bob mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan membantu selama masa pemulihan jaringan kami pascagempa. Saat ini masyarakat Palu dan Donggala serta pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pemulihan dapat menggunakan layanan komunikasi dengan normal tanpa ada suatu gangguan yang berarti.

Untuk kenyamanan jaringan komunikasi, Telkomsel akan terus memantau lokasi-lokasi jaringan yang berpotensi mengalami gangguan. Dengan menyiapkan 218 mobile genset untuk catuan daya dan tiga mobile BTS. 

Telkomsel juga menyiagakan 200 personel teknis yang ditempatkan di posko-posko monitoring, command center serta lokasi-lokasi BTS untuk melakukan troubleshoot dan back up genset.

Dari sisi pelayanan pelanggan dan ketersediaan produk, Telkomsel membuka tujuh kantor pelayanan GraPARI di Palu, Sigi, Donggala, Kota Raya, Parigi, Pasangkayu, Poso, dan Toli-Toli. Serta GraPARI sementara di tiga lokasi yakni halaman GraPARI Palu, STO Telkom Palu dan Bandara Palu. 

Sebanyak 2.010 outlet aktif dan delepan Mobile GraPARI (Mogi) juga disebar untuk menjaminkan ketersediaan 20.000 kartu perdana simPATI bagi pelanggan. "Kami juga memprioritaskan titik-titik vital yang penting dalam proses pemulihan bencana seperti Kantor Pemerintahan, 17 Posko Pengungsian, Bandara, Pelabuhan, Depo Pertamina, Kantor PLN, dan Rumah Sakit," ungkap Bob.

Ia menambahkan, di titik-titik tersebut kenyamanan layanan komunikasi baik SMS, Voice, maupun Internet dipastikan lancar dan terus terjaga. Untuk kelancaran upaya pemulihan wilayah bencana Telkomsel memberikan paket layanan telpon dan SMS gratis ke semua operator kepada seluruh pelanggan Telkomsel di Palu dan Donggala. 

Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999 hingga 14 Oktober 2018. Selain itu, sebanyak 1.000 SIM card simPATI telah diserahkan kepada POLDA Sulteng dan para relawan untuk mendukung aktivitas koordinasi di lapangan.

Telkomsel juga mendirikan posko tanggap bencana, posko untuk pencarian keluarga yang hilang dan dapur umum di depan GraPARI Palu. "Bagi pelanggan yang ingin berdonasi, Telkomsel bekerjasama dengan Rumah Zakat membuka layanan donasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code," ujar Bob. 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement