Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Cara Higienis Gunakan Lensa Kontak

Selasa 09 Oct 2018 16:24 WIB

Red: Indira Rezkisari

Lensa kontak

Lensa kontak

Foto: flickr
Infeksi mata mengancam pengguna lensa kontak yang tak perhatikan kebersihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti Inggris mengonfirmasi adanya peningkatan kecil dalam kasus "keratitis acanthamoeba" yaitu infeksi mata yang mengancam para pengguna lensa kontak. Pengguna lensa kontak disarankan menghindari infeksi parah dengan cara mencuci dan mengeringkan tangan saat bersentuhan dengan lensa kontak.

Pengguna juga harus menyimpan lensa kontak dalam larutan air bersih setiap hari dan sedapat mungkin hindari memakai lensa saat berenang atau mandi. "Kami berpikir kondisi tersebut 90 persen dapat dicegah jika paparan air dihindari dan menggunakan lensa atau lensa kontak sekali pakai dengan benar," ujar penulis studi senior Dr John Dart dari University College London dan Moorfields Eye Hospital, dilansir Reuters, Selasa (9/10).

Organisme "acanthamoeba" berada di udara, tanah, debu, dan air. Setidaknya, setengah dari populasi memiliki antibodi terhadap organisme, menunjukkan bahwa mereka telah terpapar, tulis tim peneliti di British Journal of Ophthalmology.

Keratitis acanthamoeba memang sangat langka, kendati demikian amoeba yang membentuk kista itu ternyata sulit diobati. Sehingga menyebabkan infeksi kronis yang memengaruhi pengguna lensa kontak selama bertahun-tahun.

Pasien terparah terkena infeksi itu berada di Inggris, memerlukan masa pengobatan selama satu tahun, lebih dari tiga tahun pada masa tindak lanjut, dan berulangkali berkunjung ke rumah sakit, serta memiliki penglihatan buruk setelah masalah infeksi teratasi, menurut catatan tim peneliti. Beberapa pasien bahkan memerlukan transplantasi kornea.

Dr Jennifer Cope dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika di Atlanta, Georgia menyarankan agar pengguna menghindari lensa kontak dari air keran. Pengguna disarankan menggunakan cairan yang berada di pasaran dan diketahui keamanannya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA