Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Lima Manfaat Moringa untuk Tubuh

Senin 01 Oct 2018 16:27 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sayur buah kelor, sayuran dari buah kelor mengandung antioksidan tinggi.

Sayur buah kelor, sayuran dari buah kelor mengandung antioksidan tinggi.

Foto: Republika/Andi Nur Aminah
Sup moringa atau buah kelor bisa meningkatkan ASI bagi ibu yang menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Moringaatau buah kelor telah digunakan dalam masakan India selama berabad-abad. Biasanya digunakan untuk bahan masakan kari daging, sup, salad, atau acar.

Moringa memiliki rasa yang sangat mirip dengan asparagus. Ternyata sayuran ini memiliki jenis manfaat gizi yang dapat membantu menangani berbagai kondisi kesehatan. Batang, daun, dan biji moringan memiliki banyak kualitas terapeutik.

Dilansir dari Doctor NDTV, Senin (1/10), pertama, moringa dapat meningkatkan kekebalan. Moringa kaya akan vitamin C yang membantu menangkal berbagai infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Sifat anti bakteri dalam moringa membantu tubuh menghindari batuk.

Kedua, memperkuat tulang tubuh. Mengkonsumsi moringa baik dalam bentuk jus atau dengan suusu secara teratur dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Ketiga, moringa dapat memurnikan darah dan antibiotik yang kuat. Mengkonsumsi moringa secara teratur dalam bentuk sup atau jus mengurangi jewat dan masalah yang berhubungan dengan kulit.

Keempat, moringa meredakan masalah pernapasan. Sup Moringa bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan, batuk, atau sesak napas. Sifat anti-inflamasi moringa dapat mengurangi racun dan membantu mengatasi berbagai masalah pernapasan. Memakan moringa dapat bermanfaat bagi orang yang menderita asma, bronchitis, dan tuberkulosis.

Kelima, tumbuhan ini bermanfaat untuk wanita hamil. Moringa direkomendasikan untuk wanita karenamembantu meringankan kompleksitas sebelum dan sesudah persalinan. Kehadiran vitamin dan mineral penting dalam sayuran ini mengurangi kelambatan rahim .

Ini juga membantu meningkatkan produksi ASI pasca melahirkan. Wanita hamil dapat memperoleh manfaat dari moringa dengan merebusnya bersama garam. Anda dapat mengalirkan air dan menambahan beberapa ghee untuk manfaat tambahan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA