Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Pirlo dan Gilardino Siap Jadi Pelatih

Jumat 28 Sep 2018 12:58 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo

Foto: REUTERS/Paul Hanna
Pirlo dkk baru bisa menjadi pelatih di Serie A bila sudah meningkatkan level kursus.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Beberapa alumni pemain timnas Italia dan legenda Serie A Italia dilaporkan baru saja menyelesaikan studi untuk jadi pelatih. Mantan pemain yang dikabarkan sudah ikut ialah Andrea Pirlo, Alberto Gilardino, Gabriel Batistuta, Paolo Montero, Thiago Motta, dan Paolo Cannavaro.

Para mantan pemain itu baru saja mengantongi lisensi C. Pirlo, Gilardino, Motta, Batigol, Montero, dan Cannavaro baru bisa bekerja sebagai asisten pelatih baik di Serie A maupun B. Para legenda baru bisa menjadi pelatih di tim muda primavera.

"Para legenda Serie A baru saja menyelesaikan kursus untuk jadi pelatih. Mereka siap jadi pelatih masa depan," begitu laporan dari Football Italia, dikutip pada Jumat (28/9).

Pirlo dan kawan-kawan baru bisa menjadi pelatih di Serie A dan Serie B bila sudah meningkatkan level kursus sehingga dapat mengantongi lisensi A UEFA.

Selain nama-nama itu, sejumlah nama lain dikabarkan sudah lebih dulu mengantongi lisensi C. Yakni Daniele Bonera, Jose Antonio Camot, dan Francelino Matuzalem.

Bonera diketahui masih aktif bermain di klub La Liga Villarreal. Namun ia sudah menyiapkan masa depan sebagai pelatih. Begitu mantap gantung sepatu, Bonera sudah siap mengawali karier sebagai juru taktik.

Motta dan Gilardino baru saja pensiun sebagai pemain. Motta pensiun di klub Prancis Paris Saint Germain. Gilardino yang paling baru. Ia memutuskan gantung sepatu karena merasa tidak sanggup lagi bersaing di level yang tinggi.

Pirlo sudah sejak akhir 2017 lalu pensiun. Bekas bintang Juventus dan AC Milan itu bahkan pernah dijagokan sebagai asisten pelatih timnas Italia di bawah Roberto Mancini. Tapi Pirlo masih belum menyanggupi hal itu karena kursusnya belum selesai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA