Rabu 19 Sep 2018 13:11 WIB

Tips Merawat Mobil Usai Coating

Setelah coating, mobil tetap perlu dirawat agar selalu terlihat baru.

Merawat cat mobil.
Foto: Autogeek
Merawat cat mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak pengguna mobil rela mengeluarkan uang banyak untuk membuat mobilnya terlihat seperti baru setiap hari. Salah satunya dengan melakukan coating pada bagian bodi dan mesin.

Tahukah Anda jika setelah coating mobil harus tetap dijaga dan dirawat? Banyak konsumen di Indonesia tidak tahu, sehingga setelah melakukan coating mereka membiarkan mobilnya tanpa melakukan perawatan setelahnya.

Berikut ini adalah tips bagi para pecinta mobil dari Makko Group agar mobil kesayangan tetap terlihat baru setiap hari.

Lakukan perawatan

Perawatan setelah melakukan coating sangat dianjurkan untuk menjaga warna kilap dari mobil anda tetap terjaga, selain itu perawatan juga ditujukan untuk mengangkut sisa bintik air, sisa jamur lalu polusi.

Pencucian berkala

Penggunaan mobil yang hampir setiap hari, membuat mobil Anda semakin cepat terlihat kusam dan kotor, maka dianjurkan minimal melakukan pencucian mobil dua hari sekali tanpa menggunakan sampo atau cuci cepat. Pencucian mobil dengan menggunakan sampo dilakukan sekali dalam sepekan.

Penggunaan sampo

Melakukan pencucian mobil tanpa sampo memang tidak selalu dianjurkan, namun jangan asal sembarangan memakai sampo karena pada dasarnya mobil tertempel minyak. Maka dari itu butuh sampo untuk mencuci mobil minimal seminggu sekali. Sampo dengan PH tinggi sangat bahaya untuk kualitas cat mobil. Sampo yang baik untuk mencuci mobil adalah yang memiliki PH 12.

Menggunakan air PDAM

Air salah satu faktor yang berpengaruh untuk mencuci mobil Anda, air yang bagus kadarnya adalah air PDAM, tidak dianjurkan untuk menggunakan air keran karena kadar besi yang terlalu banyak sehingga berbahaya untuk cat mobil kendaraan Anda yang sudah di-coating atau yang tidak.

Pemakaian lap

Lap juga sangat berpengaruh untuk kebersihan pada bodi dan mesin kendaraan Anda. Cara melap yang tidak benar akan menimbulkan goresan di bodi dan pada kaca mobil. Disarankan menggunakan lap berbeda pada panel atas, bawah kaca, dan bodi untuk menghindari efek baret. Baret di bod mungkin masih bisa diakali, tetapi kalau sudah di kaca sulit dan bisa menggangu pandangan saat berkendara.

Mesin

Bagian mesin dalam dunia auto detailing adalah salah satu yang sangat vital. Jangan menyemprot mesin dengan air berkekuatan penuh. Begitu juga dengan menyiramkan langsung air ke mesin. Mesin hanya diperbolehkan disikat tipis-tipis dan menggunakan cairan pembersih yang kuat, juga untuk merawat mesin agar tetap terjaga kebersihannya. Bisa juga menggunakan vitamin engine.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement