Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Cara Mengatasi Bau Mulut

Ahad 16 Sep 2018 11:40 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Mouthspray mencegah bau mulut.

Mouthspray mencegah bau mulut.

Foto: Republika/Wihdan
Mulut kering menjadi salah penyebab bau mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki aroma tidak segar keluar dari mulut tergolong memalukan. Dalam istilah medis, bau mulut disebut halitosis.

Apa penyebab bau mulut? Yang pertama adalah kebersihan gigi dan mulut. Kebersihan gigi yang buruk adalah alasan utama bau mulut. Jika tidak rajin menggosok gigi, maka sisa makanan akan menempel di gigi ataupun gusi. Bakteri yang memakan residu yang menempel di gigi atau tertinggal di belakang gusi, fermentasi makanan, dan produksi zat akan menyebabkan bau mulut.

Selain masalah kebersihan gigi, masalah mulut kering juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Ketika mulut kering napas berubah bau. Alasannya sederhana, air liur adalah pembersih mulut dan mencuci partikel makanan yang menempel di mulut. Mulut kering diakibatkan oleh kurang minum atau konsumsi obat-obat tertentu.

Penyebab lainnya adalah gingivitis atau radang gusi. Salah satu gejalanya adalah merasa tidak enak terus menerus pada mulut.

Hal lain yang bisa menyebabkan bau mulut adalah makanan. Diet yang tidak menentu dan makanan yang rendah karbohidrat bisa menjadi penyebab bau mulut. Selain itu bawang, bawang putih, dan kopi juga bisa menyebabkan napas jadi bau. Begitu juga dengan rempah-rempah India. Penyebab bau mulut lainnya adalah asam refluks.

Untuk mengecek apakah Anda memiliki masalah bau mulut, coba dengan menjilat bagian dalam pergelangan tangan dan membiarkannya kering. Baui setelah beberapa detik. Bila baunya tidak sedap itulah tanda Anda bau mulut.

Lalu bagaimana cara menyingkirkan bau mulut? Ada beberapa cara. Pertama adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari. Lakukan ketika habis makan dan menjelang tidur. Jika tidak menggosok gigi malam hari, jangan heran bila pagi hari mulut mengeluarkan bau tidak sedap.

Langkah selanjutnya adalah bersihkan lidah secara menyeluruh dan pastikan semua zat putih di lidah hilang. Karena area kasar lidah dapat menyembunyikan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Dalam keadaan darurat bisa menggunakan obat kumur. Hal ini berfungsi untuk menutupi bau mulut dalam waktu singkat. Bukan hanya itu, dalam keadaan darurat juga bisa mengonsumsi permen kapulaga. Permen ini bisa menangkal bau mulut sementara.

Selain itu, untuk mengatasi bau mulut bisa dengan mengonsumsi banyak air. Terutama bagi pemilik masalah mulut kering. Tak hanya itu konsumsi pula makanan yang sehat. Hal penting lainnya adalah jangan langsung berbaring setelah makan. Karena akan menyebabkan asam refluks yang berakibat pada bau mulut. Bila Anda tidak tahu penyebab bau mulut, kunjungi dokter gigi terdekat, dilansir dari laman Health.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA