Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

UNS Kerja Sama Kembangkan Literasi Budaya Jawa

Jumat 07 Sep 2018 23:52 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Gerbang Kampus UNS

Gerbang Kampus UNS

Pengembangan koleksi seni dan budaya Jawa terletak di lantai 3 perpustakaan UNS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) menggandeng dengan Yayasan Warna Warni Indonesia untuk bekerja sama dalam mengembangkan budaya literasi Jawa. Kepala UPT Perpustakaan UNS, Muhammad Rohmadi mengatakan untuk mendukung pengembangan koleksi seni dan budaya Jawa yang terletak di lantai 3 perpustakaan UNS diperlukan upaya untuk menginformasikan dan memberdayakan koleksi dan referensi budaya Jawa kepada  masyarakat.

Karenanya jelas dia, perpustakaan UNS perlu bergerak secara kreatif dengan melibatkan lembaga dan yayasan yang memiliki konsentrasi terhadap seni, budaya, dan bahasa Jawa.

“Yayasan Warna Warni Indonesia salah satu diantaranya (yang konsen terhadap seni, budaya dan bahasa Jawa), inilah alasan perpustakaan UNS mengembangkan kerja sama bersama yayasan Warna Warni Indonesia,” tutur Rohmadi dalam siaran pers yang diterima Republika pada Jumat (7/9).

Ia mengatakan dalam waktu dekat, perpustakaan UNS akan menggelar literasi budaya Jawa dalam bentuk diskusi, bedah buku dalam bahasa Jawa, hingga peluncuran rumah dan museum budaya oleh Yayasan Warna Warni Indonesia di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Rohmadi berharap kegiatan tersebut dapat membuat literasi budaya Jawa semakin berkembang di masyarakat. Dengan begitu jelas dia kearifan lokal masing-masing daerah akan terangkat untuk mendukung pengayaan budaya nasional.

“Upaya ini dilakukan perpustakaan UNS dan rangka mendukung capaian visi UNS untuk melestarikan budaya daerah dan nasional menuju NKRI sehingga menjadi kontribusi Indonesia di mata dunia,” katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA