Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Kemdiknas Gelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIII

Rabu 14 Jul 2010 04:37 WIB

Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Ditjen Dikti Kemdinas) akan menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXIII/2010. Pelaksanaan kegiatan di Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali pada 20-24 Juli 2010.

Ajang tahunan ilmiah bagi mahasiswa ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk menggelar karya berupa produk dan poster ilmiah. Karya ini sebagai representasi tingkat intelektualitas dan kemampuan berkompetisi cerdas dan obyektif.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso menyampaikan, Ditjen Dikti mewadahi kegiatan kemahasiswaan terkait dengan penelitian. Dia mengatakan, melalui penelitian akan tumbuh kreativitas dan inovasi. "PIMNAS ini sudah diselenggarakan selama 23 tahun. Pesertanya dari tahun ke tahun meningkat pesat," katanya saat memberikan keterangan pers di Gerai Informasi dan Media Kemdiknas, Jakarta, Selasa (13/7).

Tema kegiatan ini adalah 'Kreativitas untuk Membangun Kemandirian Bangsa'. Sebanyak 350 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 113 perguruan tinggi negeri maupun swasta akan mengikuti berbagai kompetisi ilmiah. Kategori lomba meliputi program kreativitas mahasiswa (PKM) penelitian, PKM teknologi, PKM pengabdian masyarakat, PKM kewirausahaan, dan PKM gagasan tertulis.

Djoko menyebutkan, proposal penelitian yang diterima panitia sebanyak 21.300 buah. Proposal yang masuk, kata dia, diseleksi dan terpilih 290 yang diikutkan dalam PIMNAS. Selain itu, lanjut dia, diseleksi juga sebanyak 5.216 proposal PKM gagasan tertulis. "Mahasiswa juga kita ajari punya gagasan tertulis. Hasilnya 60 (proposal) yang diikutkan PIMNAS," katanya.

Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Dir P2M) Ditjen Dikti Kemdiknas Suryo Hapsoro Tri Utomo menyampaikan, kegiatan penelitian, inovasi, dan kreativitas mahasiswa diharapkan dapat berkembang menjadi atmosfer akademik. Tidak hanya di lingkungan kampus, kata dia, tetapi atmosfer ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Kreativitas ini penting karena merupakan pilar strategis dalam mengelola kemandirian bangsa," ujarnya.

Rektor Universitas Mahasaraswati Denpasar Tjok Istri Sri Ramaswati menyampaikan, pada pembukaan acara PIMNAS akan ditampilkan kolaborasi tari Pendet masal terdiri atas siswa taman kanak-kanak sampai dengan mahasiswa. "Jumlah penari seluruhnya 1.656 orang," katanya.

Tjok mengatakan, selain kegiatan utama, PIMNAS dirangkai dengan kegiatan pendukung yaitu pidato bahasa Jepang mahasiswa se-Indonesia, news reading tingkat SMA/SMK, dan English Speech tingkat perguruan tinggi. "Di samping itu, kami mengadakan kompetisi karya kreatif iklan masyarakat," ujarnya.

Kepada pemenang PIMNAS akan diberikan hadiah. Kategori Presentasi PKM terbaik I Rp 2.000.000, terbaik II Rp 1.500.000, terbaik III Rp 1.000.000. Sementara pemenang kategori poster terbaik I Rp 1.250.000, terbaik II Rp 1.000.000, dan terbaik III Rp 750.000. Adapun peserta terbaik I, II, dan III mendapatkan piala, piagam, dan medali emas, perak, serta perunggu.

sumber : kemdiknas.go.id
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA