Selasa 05 Mar 2019 20:15 WIB

Peserta Vokasi Bogasari Praktik Kerja di Sejumlah UKM

Para siswa SMK kelas XI jurusan tata boga ini akan mengikuti praktik kerja di UKM sel

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Vokasi Bogasari 2019. Sejumlah siswa SMK mengikuti program vokasi Bogasari 2019.
Foto: dok. Bogasari
Vokasi Bogasari 2019. Sejumlah siswa SMK mengikuti program vokasi Bogasari 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai Maret 2019, siswa SMK yang tergabung dalam Program Vokasi Bogasari 2019 mengikuti praktik kerja di UKM. Praktik kerja di UKM mitra Bogasari ini sebagai rangkaian kurikulum vokasi yang ditetapkan Bogasari dengan pihak sekolah.

"Para siswa SMK kelas XI jurusan tata boga ini akan mengikuti praktik kerja di UKM selama dua bulan, yakni di UKM Evalia Bakery dan UKM Sari Utami Bakery. Keduanya merupakan UKM mitra binaan Bogasari yang tergabung dalam Bogasari Mitra Card dengan lokasi usaha di Jakarta Utara," Vice President People & Organization Development PT Indofood Tbk Divisi Bogasari, Anwar Agus dalam siaran pers, Senin (4/3).

Baca Juga

photo
Vokasi Bogasari 2019. Sejumlah siswa SMK mengikuti program vokasi Bogasari 2019.

 

Dengan terjun langsung di UKM, para siswa diharapkan semakin siap terjun di dunia kerja setelah lulus SMK. "Selama praktik di UKM para siswa akan belajar banyak hal mulai dari proses pengadaan bahan sampai ke pemasaran. Bahkan targetnya para siswa SMK ini juga siap menjadi start up milenial," ujar Anwar.

Program Vokasi Bogasari 2019 ini merupakan yang pertama kali. Namun sudah hampir 20 tahun, Bogasari menjalankan program pemagangan rutin atau praktik kerja lapangan untuk siswa SMK dan mahasiswa. Sedangkan program vokasi ini merupakan bukti dukungan Bogasari kepada Pemerintah dalam pelaksanaan Program Vokasi yang dicanangkan Kementerian Perindustrian.

Sebagai pilot project, dua SMK yakni SMKN 33 Jakarta Utara dan SMK Santa Maria bekerja sama dengan Bogasari. Untuk tahap awal, baru enam siswa atau masing-masing tiga siswa dari SMK jurusan tata boga yang dikirimkan.

Keenam siswa SMK mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 sejak bulan Januari lalu. Diawali dengan orientasi pengenalan alur proses produksi tepung terigu di pabrik Bogasari selama kurang lebih seminggu. Mulai dari pengadaan bahan baku, proses penggilingan, laboratorium, pengemasan, hingga tahapan pengiriman.

photo
Vokasi Bogasari 2019. Sejumlah siswa SMK mengikuti program vokasi Bogasari 2019.

Setelah orientasi proses produksi, para siswa mengikuti kelas in house training di Bogasari Baking Center (BBC) selama 14 hari. BBC adalah unit pelatihan pengolahan makanan berbasis terigu yang sudah ada sejak tahun 1981. BBC ini ditujukan untuk menghasilkan pekerja bahkan pelaku usaha di sektor makanan berbasis terigu.

"Kami sangat bangga bisa ikut vokasi di BBC. Terutama karena selama ini kami belum pernah sama sekali belajar khusus ilmu pastry di sekolah," ucap siswa SMK Santa Maria, Bryan Putra Andika.

Selain siswa, dalam Program Vokasi Bogasari 2019 ini perwakilan tenaga pengajar dari kedua SMK juga akan menjalani in house training di BBC sesuai kebutuhan. Waktu pelaksanaan fleksibel sesuai ketersediaan waktu guru dan trainer dari BBC.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement