Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Undip Segera Miliki Sekolah Vokasi

Selasa 12 Mar 2019 21:23 WIB

Rep: Bowo pribadi/ Red: Esthi Maharani

Undip

Undip

Sekolah vokasi dibangun di lingkungan kampus Undip, Tembalang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) segera miliki Sekolah Vokasi guna menampung besarnya minat masyarakat untuk mengakses pendidikan vokasi. Ini ditandai dengan dilakukannya groundbreaking pembangunan gedung Sekolah Vokasi hibah Sinar Mas dan PT Astra Internasional Tbk, di lingkungan kampus Undip, Tembalang, Selasa (12/3).

Peletakan batu pertama secara simbolis dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi dan Rektor Undip, Yos Johan Utama. Ikut mendampingi Managing Director Sinar Mas, Soeherman Gandi Sulistiyanto dan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas.

Dalam sambutannya, Menhub RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan gedung sekolah vokasi ini sejalan dengan program Pemerintah yang terus mendorong pembangunan SDM di negeri ini. Menurut Budi, belajar dari negara Jerman, pendidikan vokasi sangat diminati masyarakat karena menyiapkan SDM yang langsung kerja.

Oleh karena itu, pemerintah fokus pada upaya penyiapan dan ketersediaan tenaga- tenaga terdidik yakni dengan mendorong pembangunan pendidikan vokasi dan membangun link and match antara dunia pendidikan dengan dunia industri.

"Salah satunya yang dilaksanakan di Undip hari ini," lanjutnya.

Managing Director Sinar Mas, Soeherman Gandi Sulistiyanto mengatakan, era dahulu pendidikan vokadi seperti menjadi warga negara kelas dua. Namun di era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini tidak. Apalagi pemerintah sekarang memperhatikan sekolah vokasi, kalangan industri bahkan juga diimbau untuk mendorong sekolah vokasi jadi andalan di negeri ini

"Di Jerman dan Swiss orang kalau mau cari mantu memilih yang sekolah di pendidikan vokasi," jelasnya.

Rektor Undip, Yis Johan Utama mengungkapkan, pembangunan gedung sekolah vokasi ini menjadi Uswatun Hasanah bagi keluarga besar Undip dalam mengembangkan pendidikan vokasi. Menurutnya tak ada satu pun pendidikan yang bangkrut karena menebar kebaikan membantu mengembangkan pendidikan.

"Kami akan memanfaatkan hibah ini sebaik- baiknya dan berharap di sini vokasi akan berkembang dan akan menjadi motor penggerak bagi penyiapan SDM bangsa ini," katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA