Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Dosen UMY Hidupkan Tradisi Menulis untuk Guru SD

Selasa 12 Mar 2019 08:03 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Esthi Maharani

guru SDI

guru SDI

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Workshop penulisan ilmiah populer ini diikuti oleh 50 guru SD.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Dua Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menghidupkan kembali tradisi menulis guru Sekolah Dasar (SD). Hal ini dilakukan melalui workshop penulisan ilmiah populer yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangturi, Bantul, DIY, Sabtu (9/3) lalu.

Dua dosen UMY tersebut yakni Filosa Gita Sukmono dan Fajar Junaedi. Workshop ini diikuti oleh 50 guru SD. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengabdian Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY.

Menurut Filosa, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menghidupkan tradisi literasi di kalangan guru SD. Melalui kegiatan ini, diharapkan guru mampu menulis di berbagai media massa, bahkan buku.

"Tujuan kami adalah peserta benar-benar mampu mempraktekkan penulisan ilmiah populer. Bukan sekadar memahaminya saja," kata Filosa dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (11/3).

Pada saat workshop berlangsung, guru langsung mempraktekkan cara menulis artikel ilmiah populer. Hasil dari karya peserta pun, akan dikompilasi dan diterbitkan dalam bentuk buku.

"Sebulan setelah pelatihan, buku akan terbit," katanya. 

Pembina SD Muhammadiyah Karangturi, Sukemi Tirta mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas guru. Guru pun diharapkan mampu melakukan inovasi pembelajaran setelah mengikuti workshop ini.

"Selanjutnya setelah guru menulis, mereka bisa mengajari siswa untukt menulis karya," uajr Sukemi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA