Sabtu 23 Feb 2019 16:59 WIB

Himpaudi Gelar Rakornas Kolaborasi Guru PAUD Berkualitas

PAUD harus dijadikan poros utama dalam pembangunan sumber daya manusia.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda
Pembukaan Rakornas Hampaudi: Istri Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Wida Muhadjir Effendy saat membuka Rakornas Himpaudi, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Sabtu (23/2).
Foto: Republika/Inas Widyanuratikah
Pembukaan Rakornas Hampaudi: Istri Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Wida Muhadjir Effendy saat membuka Rakornas Himpaudi, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Sabtu (23/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) menyelenggarakan rapat koordinasi nasional (rakornas) dengan tema Sinergi dan Kolaborasi Gerakan PAUD Berkualitas. Kegiatan ini dibuka oleh istri Mendikbud, Wida Muhadjir Effendy sekaligus mewakili Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK).

Wida mengatakan, OASE KK memiliki berbagai program untuk dilakukan tahun ini terkait pelatihan untuk guru atau murid PAUD. "Saat ini membentuk dua bidang lagi yaitu tentang kebersihan lingkungan utamanya untuk memerangi sampah, dan tentang lingkungan hidup yaitu gerakan menanam pohon," kata Wida dalam Rakornas Himpaudi, di Hotel Grand Cempaka, Sabtu (23/2).

Baca Juga

Ia menjelaskan kebersihan lingkungan khususnya memerangi sampah dan plastik dianggap penting dan berhubungan dengan program lain dari OASE KK yaitu memakan makanan sehat. Salah satu makanan sehat adalah ikan, sementara kondisi laut yang tidak bersih akan mencemari ikan yang dimakan. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan lingkungan harus ditanamkan sejak dini.

Selain itu, Wida juga menjelaskan kini setiap kunjungan ke PAUD, OASE KK akan menanam tanaman. Hal ini dilakukan agar lingkungan hidup tetap terjaga. Apabila anak terus diajarkan sejak dini agar gemar menanam pohon diharapkan dapat menjaga kestabilan lingkungan di masa depan.

Sementara itu, Ketua Umum Himpaudi, Netti Herawati mengatakan pendidikan anak usia dini harus dijadikan poros utama dalam pembangunan sumber daya manusia. Ia pun mendorong agar guru PAUD yang hadir dapat terus semangat dalam memberikan pendidikan terbaik untuk anak bangsa.

"Hal yang penting dari pembangunan PAUD adalah guru yang berkualitas," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement